LGC BIKIN LAMONGAN TAMBAH MEGILAN

Di bulan Maret sampai Juni, di Kabupaten Lamongan Jawa Timur selalu disibukkan dengan kegiatan yang namanya Lamongan Green and Clean atau yang disingkat dengan LGC.

image

Suasana penjurian LGC

Lamongan Green and Clean adalah sebuah perlombaan atau kompetisi lingkungan hidup untuk mencari lingkungan yang paling bersih dan hijau. Kompetisi ini diikuti oleh RT-RT yang ada di wilayah Kabupaten Lamongan baik desa maupun kota.
Untuk Dinas/Instansi di wilayah pemerintahan Kabupaten Lamongan dilaksanakan Green Office dan untuk lembaga-lembaga pendidikan diadakan Green School.
Tahun 2015 menjadi tahun ke 5 pelaksanaan Lamongan Green and Clean di Kabupaten Lamongan, setelah 4 tahun sebelumnya dilaksanakan dengan sukses. Dalam tiap tahun pelaksanaannya, tema yang diangkat berbeda beda. Tahun 2011 yang merupakan tahun pertama pelaksanaan kompetisi ini, tema yang diangkat adalah Hijau dan Bersih. Tahun 2012 mengambil tema Waste Lover (pecinta sampah). Menuju Lamongan Merdeka dari Sampah Melalui Bank Sampah adalah tema yang diangkat di tahun 2013. Untuk tahun 2014, tema yang diangkat adalah Lamongan Warna Warni Bunga dan Merdeka dari Sampah. Di tahun 2015 ini tema yang diangkat adalah Lamongan Green City.

Meskipun banyak pro dan kontra dalam hasil penilaiannya, namun pelaksanaan Lamongan Green and Clean selalu disambut dengan antusias oleh warga masyarakat. Banyak dari anggota masyarakat yang berlomba-lomba membeli bunga dan menanamnya di lingkungan sekitar rumah masing masing agar lebih hijau dan bersih. Aneka yel-yel kreatif juga diciptakan untuk acara penyambutan juri. Hal ini dilakukan agar nantinya lingkungan RTnya memenangkan kompetisi.
Kompetisi Lamongan Green and Clean terbagi menjadi 4 level, yakni : level mandiri, level maju, berkembang dan perintis. Sistem kompetisi dilakukan berjenjang dimana peserta/lingkungan yang menang dalam salah satu level akan naik level ke tingkat atasnya pada tahun berikutnya. Sementara yang kalah akan tetap menghuni level semula. Sebagai contoh, wilayah yang menang di level perintis di tahun 2013 akan jadi peserta level berkembang di tahun 2014. Jika wilayah ini menang lagi, maka di tahun 2015 akan ikut wilayah maju. Peserta yang kalah di level perintis di tahun 2013 akan tetap mengikuti level perintis di tahun 2014 begitu seterusnya.
Adapun aspek yang dinilai secara umum adalah :
Penataan Lingkungan
Penghijauan
Pengelolaan Lingkungan
Administrasi (pembukuan)
Penataan lingkungan diwujudkan melalui pengelolaan lingkungan yang asri dengan memperhatikan estetika lingkungan yang dapat meliputi : penataan ruang terbuka hijau (RTH), pengelolaan fasilitas sanitasi, saluran air rumah tangga dll.
Penghijauan dilakukan dengan cara penamaan pepohonan agar udara menjadi sejuk dan teduh. Pepohonan yang ditanam juga harus beragam dan seimbang tidak hanya 1 jenis saja, misalnya : pohon buah, bunga, sayuran, peneduh dan TOGA.
Pengeleloan lingkungan meliputi pemisahan sampah menurut jenisnya (sampah kering, sampah basah dan bahan berbahaya beracun) beserta upaya pengelolaannya. Juga pemeliharaan kesehatan lingkungan yang ditandai dengan bebas jentik nyamuk dsb Sementara penilaian administrasi  meliputi : adanya susunan kader lingkungan yang terorganisir, adanya program-program lingkungan yang di terapkan dan juga kelengkapan pembukuannya dan lain lain.

Iklan

One thought on “LGC BIKIN LAMONGAN TAMBAH MEGILAN

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s