PENGOLAHAN KULIT SINGKONG MENJADI KRIPIK LEZAT

image

kulit singkong

Tanaman Ubi kayu, atau ada yang menyebut dengan Singkong adalah bahan makanan sumber karbohidrat yang dapat diolah menjadi berbagai macam produk makanan.  Singkong termasuk tanaman berumbi yang biasanya dimanfaatkan bagian akarnya. Ada pula yang mengambil daun Singkong sebagai sayur dan lalapan. Nilai Gizinya juga sangat tinggi.
Singkong adalah tanaman yang sangat merakyat dan banyak dijumpai di mana saja di Indonesia. Getuk Lindri, Tape, Kripik, Kue Mata Sapi, Combro dan sebagainya adalah makanan makanan yang diolah dari singkong. Dalam pengolahan makanan tersebut biasanya kulitnya dibuang dan tidak digunakan. Bagian dari kulit singkong tentunya disepelekan dan dianggap sebagai limbah tak berguna, padahal kulit singkong ini juga masih memiliki kandungan karbohidrat yang lumayan tinggi.
Agar tidak mubadzir, kulit Singkong yang terbuang tersebut ternyata dapat dimanfaatkan, dapat dibuat keripik yang nikmat dan gurih.
Cara pengolahannya juga tidak ribet serta relatif sederhana. Syaratnya cuma sabar dan telaten. Berikut adalah Alat, Bahan dan Cara pembuatannya
1. ALAT
– Pisau pemotong
– Tampah atau nampan untuk penjemuran
– Kompor
– penggorengan (wajan)
– Wadah (ember)
– Panci
– Baskom
– Cobek
2. BAHAN
– Bagian kulit Singkong yang putih (kulit Ari Yang berwarna hitam dikerik dan dibuang)
– Bawang putih
– Garam
– Air

image

CARA PEMBUATAN
1. Kulit singkong yang sudah dikupas, dicuci hingga bersih
2. Rebus kulit singkong yang dikupas (ingat bagian putihnya saja bukan kulit ari) selama kurang lebih 15 menit sampai berwarna kecoklatan.
3. Cuci kulit singkong yang sudah direbus hingga bersih dengan air mengalir
4. Rendam kulit singkong tersebut ke dalam air selama 7 jam dalam baskom. Perendaman dimaksudkan supaya rasa pahitnya hilang.
5. Kulit singkong yang sudah direndam itu kemudian dicuci kembali dengan air bersih untuk menghilangkan sifat asam yang melekat, dicuci lagi hingga bersih dan tiriskan dalam wadah.
6. Panaskan air dalam panci
7. Haluskan bawang putih dan garam secukupnya di cobek yang disediakan
8. Masukkan kulit singkong bersama bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan ke dalam panci berisi air mendidih. Rebus selama 15 menit
9. Tiriskan kulit singkong yang sudah direbus dan jemur selama 2-3 hari di bawah sinar matahari langsung hingga kulit singkong benar-benar mengering
10. Ketika kulit singkong sudah kering siap untuk digoreng seperti menggoreng kripik pada umumnya. Kripik kulit Singkong dapat dinikmati setelah digoreng.

Keripik kulit singkong rasanya gurih dan lezat. Selain bergizi, produk ini juga bernilai jual yang tinggi dan dapat dijadikan sebuah peluang bisnis yang menggiurkan, karena masih jarang yang memproduksinya.

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s