MEMBUAT PENTOL (BAKSO) SENDIRI

Musim Hujan seperti saat ini hawanya dingin dan lembab. Paling  enak jika makan sesuatu yang anget-anget, kenyol-kenyol dan sedikit mengenyangkan. Salah satu pilihan yang patut dilirik adalah Pentol.
Pentol atau kebanyakan orang menamakannya dengan bakso, baso atau cilok. Bentuknya kecil dan bulat,  terbuat dari perpaduan tepung dan daging.
Di desa saya, banyak orang yang  berjualan pentol baksonya itu tanpa kuah. Biasanya dijadikan sebagai jajanan cemilan anak-anak disekolah atau jajanan di rumah. Pentol Bakso tanpa kuah ini diberi bumbu kacang kecap atau saus beserta sambalnya. Jika tidak suka pedas bisa diberi kecap saja.
Jajanan yang dijual para pedagang ini, tentunya tidak terjamin kesehatan dan kebersihannya. Alangkah baiknya jika kita bisa membuat sendiri untuk dirumah. Bahan dan cara pembuatannya juga mudah. Jika tidak sanggup beli daging sapi bisa diganti dengan daging ayam, daging ikan atau juga daging udang. Rasa pentol bakso ikan tidak kalah lezat dengan pentol Bakso sapi. Berbagai jenis ikan yang bisa digunakan untuk membuat pentol bakso adalah ikan yang berdaging tebal dan mempunyai daya elastisitas, seperti bandeng, tenggiri, kakap, cucut, bloso, ekor kuning dan lain-lain.
Berikut ini adalah bahan dan cara membuat Pentol bakso dari daging atau ikan.
Bahan Utama
1. 100 gr daging cincang/digiling
2. 5 sendok makan tepung kanji
3. 5 sendok makan tepung terigu
Catatan : komposisi bahan disesuaikan dengan timbangan, semakin banyak daging tentunya bahan juga ditambah. Jika menggunakan ikan segar, daging dan tulang-tulang serta durinya harus  dipisah dengan cara disayat memanjang di bagian punggung hingga terbelah.

Bahan Bumbu
1. 3 buah bawang putih, dihaluskan
2. 2 sendok teh garlic powder
3. 1 butir telur, putihnya saja
4. 1 sendok teh baking powder supaya baksonya mengembang bagus
5. .1 sendok teh garam halus
6. 1 buah Maggi blok.
7. Merica bubuk secukupnya
8. Pala bubuk secukupnya
9. Bawang goreng secukupnya
10. Air secukupnya utk merebus pentol

Cara Membuat Pentol :
1. Aduk semua bahan utama diatas dengan blender sampai tercampur rata dan lembut. Mula mula bahan utama dimasukkan dan dihaluskan, kemudian bahan bumbu  dimasukkan dan diblender sampai halus dan lembut. Jika terlalu sulit diblender beri sedikit air es.
2. Setelah bahan bahan halus dan merata, bentuklah menjadi bulatan-bulatan pentol dengan menggunakan 2 buah sendok kecil. Caranya taruh sekepalan adonan ditelapak tangan, Genggam seperti anda mengepalkan tangan dan tekan supaya memadat. Setelah itu keluarkan adonan dari ujung kepalan (diantara ibu jari dan telunjuk). Potong membulat dengan sendok kecil.
3. Masukkan bulatan bulatan bahan baso ke dalam rebusan air satu persatu ( suhu air sekitar 40 C) biarkan selama waktu 20 menit.
4. Rebus dalam air mendidih sampai pentol bakso mengapung sebagai tanda telah matang.
5. Angkat pentol bakso yang telah matang dan segera masukkan ke dalam air dingin (air es) kurang lebih 15 menit.
6. Angkat dan tiriskan.

image

Pentol Bakso Yang lezaat…

Pentol bakso ini dapat anda sajikan dalam bentuk rebusan dengan kuah seperti yang dijual pedagang kaki lima atau bisa digoreng sebagai makanan ringan. Juga dapat disajikan dengan kuah tergantung selera.
Silahkan mencoba ……………………….

Iklan

4 thoughts on “MEMBUAT PENTOL (BAKSO) SENDIRI

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s