TIPS INTERNET AMAN DAN NYAMAN

image

Kita tidak ragu lagi bahwa internet memberikan banyak manfaat kepada kita. Pekerjaan lebih mudah dan cepat karena dikerjakan dengan bantuan internet. Pergaulan kita menjadi lebih luas juga berkat internet. Pengetahuan-pengetahuan baru lebih cepat diketahui lewat internet juga. Namun harus diwaspadai juga dampak negatifnya.
Ada kalanya akun kita disabotase dan dibajak orang. Mengakses internet juga rentan terkena spyware dan virus. Jika sudah demikian maka keamanan akun dan data data kita bisa terancam. Ancaman keamanan berinternet juga bisa datang dari kebiasaan kita dalam mengakses internet. Dimana terkadang lupa untuk logout/sign out sehingga mudah disalahgunakan orang lain.
Berikut ini adalah beberapa tips yang bermanfaat agar bisa berinternet dengan aman dan nyaman.
image

1. Selalu pilih “Never Remember Password”
Banyak browser yang baik hati menyediakan fitur pengingat password dalam mengakses situs tertentu agar pengguna mudah mengakses tanpa khawatir lupa password. Hal ini baik tapi akan jadi berbahaya jika kita menggubakan komputer bersama dengan beberapa orang seperti di warnet atau laboratorium sekolah, karena orang lain yang kebetulan komputer yang kita pakai akan mudah masuk ke akun kita.
Itu sebabnya jika browser menawarkan “do you want internet to remember this password?”. Pilihlah opsi “don’t offer to remember any more password” kemudian tekanlah “No”, pada situs/akun tersebut kita tidak lagi ditawari pengingat password.
2. Jangan lupa logout Account
Sering terdengar keluhan, “akunku dibajak”, “ada yang sabotase akunku” dll. Kebiasaan kita yang lupa logout dari sebuah akun dapat disalahgunakan orang lain, sehingga pricasi kita bisa diacak acak. Oleh karena demi keamanan akun kita dimanapun mengakses internet janganlah lupa untuk logout !!
3. Menjaga privasi : menghapus jejak kunjungan
Asal anda tahu, browser selalu mencatat jejak kunjungan kita sebagai sebuah sejarah (histori) dan orang lain bisa dengan mudah melacaknya. Lakukan delete browsing history jika dirasa perlu karena selain meringankan kerja browser, privasi juga lebih terjaga. Lakukan minimal seminggu sekali jika anda termasuk aktif berinternet.
4. Memasang AntiSpyware
Saat ini cukup banyak software anti Spyware yang tersedia, namun sebaiknya cukup jeli untuk memilih karena banyak spyware yang berpura pura menjadi anty spyware. Pilihlah Anti Spyware terbaik dan banyak didownload orang.
5. Waspadai virus dari Email palsu
Berhati hatilah ada kemungkinan seseorang melakukan penyebaran virus dengan cara mengirimkan sebuah email. Periksa dahulu apakah anda mengenal orang yang mengirimkan email, jika tidak kenal dan mencurigakan segera hapus email tersebut.
6. Mengaktifkan Anti Virus
Ancaman virus komputer makin hari makin menggila. Software anti virus wajib terpasan di gadget kita. Ada banyak anti virus yang dijual, jika tidak ada anggaran bisa download anti virus gratisan seperti AVG, AVIRA dll.
7. Update software
Setiap waktu, software atau aplikasi yang terpasang perlu di update untuk memperbarui versi dan tentunya menambah keamanan akun kita.

Demikianlah tips tips yang dapat saya bagikan untuk berinternet yang aman dan nyaman. Semoga bermanfaat.

2 respons untuk ‘TIPS INTERNET AMAN DAN NYAMAN

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s