RESENSI NOVEL “PUKAT” Karya Tere Liye

image

Judul : Pukat (serial Anak-Anak MAMAK)
Penulis : Tere Liye
Penerbit :Republika

Halaman : 347 Halamn

Cover cetakan pertama : Maret 2010

 

Pukat merupakan buku ke-3 dari serial anak2 mamak, tetapi menjadi buku ke-2 yang terbit setelah Burlian. buku ini sangat disukai oleh anak-anak dan juga orang dewasa.

Buku ini menampilkan tokoh utama seorang anak laki-laki dari pedalaman Sumatera yang duduk di kelas 6 SD. Pukat mempunyai seorang kakak Eliana yang bersekolah di SMP di kota kabupaten, dan dua orang adik Burlian (kelas 5) dan Amelia (kelas 4). Walaupun mereka hidup jauh di desa kecil, tetapi mereka tetap merasakan keriangan masa-masa indah kanak-kanak,,yang diisi dengan sekolah plus PR yang setumpuk dari Pak Bin, bermain bola air sambil mandi di sungai setiap sore, kenakalan2 sehingga diomeli mamak setiap pagi-siang-sore, dan tentu saja keharusan membantu orang tuanya bekerja di ladang.
Yang paling berkesan  adalah di bab pertama yang menceritakan kelucuan burlian adik pukat yang nyaris telanjang di dalam gerbong kereta api karena mencari tiket/karcisnya yang hilang tapi akhirnya tidak diperiksa kondektur karena kondekturnya teman bapaknya.
Ada juga segmen yang menceritakan kecerdasan pukat saat menangkap perampok di dalam kereta api serta masih banyak lagi cerita-cerita didalamnya. 
Novel ini tentu saja mengajarkan tentang budi pekerti dan pendidikan sebagai dasar utama dalam bermasyarakat untuk modal di masa depan.  Tere Liye dengan lugas menceritakan kehidupan anak laki-laki yang penuh rasa ingin tahu, yang bandel, yang suka kelayapan, kurang bertanggung jawab, pintar dan juga berani didalam novel ini. semuanya dirangkum dengan sangat baik dan membuat para pembaca berimajinasi sebagai tokoh Pukat.

Namun sayangnya, selesai membaca novel ini bukan rasa puas yang didapatkan namun rasa penasaran yang besar mengenai tingkah laku tokoh utama selanjutnya. Mungkin ini juga sebagai pemancing agar pembaca juga membaca buku-buku lain di dalam serinya yakni buku Burlian, Eliana dan juga Amelia.
Novel ini sudah dicetak hingga ribuan ekslembar dansampul depannya juga berganti-ganti. Kebetulan yang kami punya adalah terbitan pertama sehingga sampulnya seperti dalam gambar. Untuk terbitan lainnya sangat berbeda
Iklan

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s