Kerajaan Majapahit bukanlah sebuah kerajaan di negeri dongeng atau hanya sekedar legenda hiburan semata, namun kerajaan majapahit adalah sebuah kerajaan yang benar benar ada di Indonesia. Kerajaan Majapahit pernah menghiasi sejarah Indonesia dan juga menjadi sejarah dunia. Kerajaan majapahit adalah salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada di Indonesia.

Berbagai situs dan bukti sejarah menguatkan kedudukan Kerajaan Majapahit yang kuat dan mahsyur, dimana kerajaan tersebut pernah menyatukan sebagian besar wilayah Indonesia seperti  saat ini dalam satu kekuasaan seorang Raja.
Kerajaan Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya yang memerintah tahun 1293 M hingga 1309 M. Pada awal berdirinya, pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit  berada di Daerah Tarik Mojokerto Jawa Timur. Kerajaan ini mencapai tingkat kemahsyuran tinggi pada masa Raja Hayam Wuruk dengan patihnya yang terkenal yakni Gajah Mada.
Seiring meninggalnya Patih Gajah Mada tahun 1389 M, kerajaan Majapahit mengalami kegoncangan akibat konflik saudara yang saling memperebutkan kekuasaan, hingga tahun 1478 M Kerajaan Majapahit masih berdiri namun sudah rapuh. Masuknya pengaruh Agama Islam di pesisir utara Pulau Jawa menyebabkan kekuasaan Majapahit tidak dapat dipertahankan lagi.

Sudah lebih dari 700 tahun berlalu kemahsyuran Majapahit tidak bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia sekarang, terutama anak-anak dan generasi muda. kita hanya mengetahui Kerajaan Majapahit dari buku-buku sejarah.  Namun kita masih bisa menapaki beberapa peninggalan peradaban dan kebesaran Kerajaan Majapahit melalui situs-situs yang menjadi cagar budaya sekaligus tempat wisata di kabupaten Mojokerto Jawa Timur tepatnya di Kecamatan Trowulan.

image

Diantara situs-situs yang bisa kita jelajahi  antara lain adalah :
1. Gapura Wringin Lawang
2. Gapura Candi Bajang Ratu
3. Candi Tikus
4. Situs Sentonorejo
5. Makam Troloyo
6. Candi Gentong
7.  Situs Kedaton
8. Kolam Segaran
9. Situs Pendopo Agung
10. Candi Brahu
11. Situs Pemukiman BPA
12. Museum Trowulan
13. Makam Putri Campa
14. Siti Hinggil
15. Makam Panjang

Jika tidak bisa menjelajahi semuanya, kita bisa menjelajahi sebagian besar situs-situs tersebut terutama candi-candi yang bisa jadi pengingat sejarah. Saya sudah 3 kali berkesempatan menjelajah situs Kerajaan Majapahit tersebut, nanti akan ceritakan pengalaman perjalanan saya menjelajahi situs-situs tersebut dalam bab lain blog ini.

image

 


2 tanggapan untuk “MENAPAKI SITUS KERAJAAN MAJAPAHIT”

  1. MENGETUK GERBANG MAJAPAHIT DI CANDI WRINGIN LAWANG | Sy4r0h's Blog Avatar

    […] Majapahit sampai sedetail-detailnya sehingga makin banyak yang penasaran dan ingin tahu. Baca : Menapaki Situs Kerajaan Majapahit Pusat Kerajaan Majapahit adalah di wilayah Kabupaten Mojokerto, kabupaten tersebut masih […]

    Suka

  2. Wisata Sejarah ke Candi Brahu | Sy4r0h's Blog Avatar

    […] yang terletak di dalam kawasan situs arkeologi Trowulan, bekas ibu kota Majapahit Baca juga : Menapaki Situs Kerajaan Majapahit Lokasi Candi Brahu agak terpencil dan jauh dari pemukiman. Dari perempatan lampu merah setelah pos […]

    Suka

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: