PERTAMA KALI MENGINJAKKAN KAKI DI KANTOR POLDA JATIM

image

Jika mendengar kata “polisi” kebanyakan orang akan merasa agak merinding, apalagi kalau sudah disuruh datang ke kantor polisi, pasti makin merasa was-was, deg-degan, grogi, takut dan sebagainya, walaupun tidak merasa salah apa-apa.

Tanggal 26-27 Februari kemarin saya berkesempatan untuk ikutan acara Kopdar (kopi darat) antara  Netizen Jatim dengan Kapolda Jatim di Madura. Ini adalah acara pertama yang saya ikuti bersama para Blogger/Netizen dan jajaran kepolisian daerah Jawa Timur.

Sebelumnya saya tidak pernah tahu ada acara beginian. Katanya sih acara seperti ini sudah sering dilakukan, hanya saja saya tidak pernah mengetahui. Start awal berkumpulnya Netizen Jatim dalam acara tersebut adalah di ruang wartawan Bidang Humas Polda Jatim, dan selanjutnya berangkat bersama-sama ke Bangkalan Madura.

Dari Lamongan saya naik Bus Jurusan Bungurasih, kemudian dilanjutkan dengan naik Bison jurusan Wonokromo turun di depan Kantor Polda Jatim. Dari Bungurasih ke Kantor Polda Jatim ada banyak alternative kendaraan yang bisa digunakan. Selain Bison, ada banyak bus dalam kota dan angkot kuning yang lewat jalur tersebut, tapi saya pilih Bison biar gak capek naik/turun Bis kota. Antara Terminal Bungurasih dan Kantor Polda juga tidak terlalu jauh. Kurang lebih 10 menit perjalanan jika tidak ada kemacetan..

Sampai di depan kantor Polda Jatim saya turun dan langsung masuk kedalam kompleks. Saat melangkahkan kaki di depan gerbang Kantor Polda (Kepolisian Daerah) Jatim ada rasa deg-degan dan nerves juga, takut diintrogasi dan ditanyai macam-macam maklum ini pertama kalinya datang ke kesini. Urusan/acaranya juga agak beda dari biasanya. Kalau biasanya hanya datang ke Polsek di Kecamatan untuk urusan yang sangat jelas dan langsung ditangani tanpa berbelit-belit seperti urusan minta surat kehilangan atau SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Datang ke kantor Polres di Kabupaten juga hanya di depan saja tidak pernah sampai masuk ke dalam. Kali ini datang ke kantor Kepolisian Daerah di tingkat Provinsi untuk urusan yang tidak semua orang paham. Apalagi undangannya hanya lewat udara alias dunia maya, tidak ada bukti fisik yang menunjang.

Di depan pintu masuk sudah niat pengen foto dan mengabadikan berbagai sudut kantor Polda, tapi berhubung sendirian dan masih deg-degan jadinya mengurungkan niat tersebut. Masuk ke dalam ternyata rasa deg-degannya langsung hilang, Kantor Polisi Daerah Jawa Timur tersebut tidak jauh beda dengan kantor-kantor instansi sipil lainnya. Tidak ada yang perlu ditakutkan. Di depan pintu masuk memang ada beberapa petugas berseragam polisi yang berjaga, namun saat saya masuk mereka membiarkan saja tanpa bertanya apa-apa. Jadilah saya masuk dengan berjalan kaki kearah kantor Humas Polda Jatim tanpa halangan apapun.

Titik tujuanku berada di samping masjid dan dibawah tower yang sangat tinggi jadi ancer-ancernya sangat mudah. Dari pintu masuk lurus ke barat terus belok ke kanan (arah utara), setelah itu kearah barat lagi, sampailah di tempat tujuan yakni ruang wartawan Bidang Humas Polda Jatim.
Meski perjalanan di temani hujan yang sesekali mengguyur, namun lega rasanya bisa sampai disana tanpa terlambat sedikitpun, malah termasuk kecepetan dibanding teman lain dari Lamongan.

image

Walaupun tempat tersebut adalah kantornya para polisi namun tidak banyak polisi berseragam yang aku jumpai, kebanyakan orang yang aku temui memakai pakaian biasa sehingga kesan seram, menakutkan dan sebagainya benar-benar tidak ada. Disana sudah ada beberapa teman Netizen yang sudah datang dan kami menunggu teman-teman lainnya yang masih dalam perjalanan. Sekitar pukul 16.00 WIB semua sudah lengkap dan siap berangkat bersama-sama.

image

Cerita selanjutnya akan membahas tentang kegiatan Kopdar Netizen dan Kapolda Jatim di Bangkalan Madura, seperti apa ceritanya ??? Baca disini

Satu respons untuk “PERTAMA KALI MENGINJAKKAN KAKI DI KANTOR POLDA JATIM

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s