KOPDAR BARENG KAPOLDA JAWA TIMUR

Menjelang akhir bulan February ini  menjadi sebuah pengalaman baru bagiku, kebetulan tanggal 26 – 27 february saya berkesempatan untuk ikut Kopdar (kopi darat) bersama para Netizen dan Kapolda Jawa Timur di Bangkalan Madura. Ada banyak pengalaman baru yang luar biasa dan menjadi titik pertama kali dalam hidup. Salah satunya sudah di bahas di blog ini sebelumnya.

Baca : Melangkahkan Kaki di Polda Jatim

Teman-teman Netizen dari berbagai daerah kumpul terlebih dahulu di Ruang Wartawan Bidang Humas Jatim, ada yang dari Malang, Jember, Surabaya dan Sidoarjo. Berhubung kondisi hujan yang tiada henti keberangkatan agak terlambat dari jadwal yang direncanakan.

Sekitar pukul 16.00 WIB rombongan bersiap-siap berangkat (jadwalnya Pukul 15.00 WIB). Sebelum naik bis, rombongan netizen yang berjumlah 13 orang termasuk saya di beri sedikit pengarahan di depan kantor Humas Polda Jatim sekaligus kroscek peserta. Kemudian berangkat bersama-sama naik Bis Polisi yang dikawal mobil Patwal. Ini pengalaman pertamaku naik kendaraan yang di depannya ada mobil Patwal dengan bunyi sirene yang khas, serasa jadi orang penting atau pejabat saja 😉

Disamping bisa berkenalan dengan Bapak polisi dan beberapa Netizen, saya juga banyak mendapat ilmu dan hal-hal baru dalam perjalanan tersebut, salah satunya adalah saya baru tahu ternyata mobil yang dikawal polisi itu boleh menerobos lampu merah. Saat mobil atau kendaraan yang lain harus berhenti karena lampu merah, mobil Patwal boleh lewat bahkan dibantu polisi lalu lintas untuk terus melaju. Benar-benar istimewa …..

Perjalanan dari Surabaya ke Bangkalan diiringi oleh hujan yang tiada henti. Jalanan Surabaya tampak banjir disana sini. Kemacetan juga terkadang menghalangi lajunya bis yang kami tumpangi. Setelah melewati Jembatan Suramadu perjalanan relatif lancar. Sekitar pukul 18.00 WIB Rombongan kami tiba di tempat yang dituju. Tempat tersebut adalah  sebuah restoran/rumah makan bernama “Ole Olang”.

Di restoran “Ole Olang” sudah banyak netizen dari Madura yang menunggu baik wanita maupun pria, rata-rata masih muda dan masih kuliah. Ada juga para Polwan (polisi wanita) yang berjajar menyambut kedatangan kami. Para Polwan ini memakai pakaian batik warna warni sehingga sekilas sama seperti warga sipil lainnya hanya gaya rambutnya saja yang menjadi ciri kalau mereka adalah polisi wanita.

Jika para Netizen Madura (plat-M) langsung menyambut kedatangan kami dengan berkenalan dan bersalam-salaman akrab, para Polwan ini beda mungkin karena kami bukan dari kalangan mereka jadinya sikapnya acuh dan cuek terhadap para Netizen. Mereka berdiri berjajar untuk menyambut atasan mereka yang naik mobil di depan kami bukan pada semua anggota rombongan (jadinya agak kecele karena efek kege-eran).

Sampai di dalam Ole-Olang, kami masih harus menunggu lumayan lama. Meski banyak yang merasa kelaparan, namun tidak ada yang berani memesan atau menyentuh makanan karena sudah diwanti-wanti oleh para Polwan tersebut “nanti dulu”. Jadinya hanya bisa duduk-duduk santai saja sambil mainkan gadget, duduknyapun diatur tidak boleh duduk di kursi bagian tengah karena itu (katanya) buat Bapak-bapak polisinya. Sebagai tamu yang baik tentunya menurut saja ….

image

Ketika sudah dipersilahkan makan, teman-teman Netizenpun langsung mengambil makanan yang disediakan dan melahapnya. Bapak-Bapak Kapolres di Madura beserta para Polwan juga ikut menikmati hidangannya di sudut meja yang lain.

Selesai makan, sambil menunggu kedatangan Bapak Kapolda yang belum datang, kami dihibur oleh live music electon dan penyanyinya. Bapak-bapak kapolres Madura mulai dari Sampang, Pamekasan, Sumenep hingga Bangkalan bergantian menyumbangkan suara emasnya untuk menghibur semua yang ada disana. Tak ketinggalan juga Kabid Humas Polda Jatim juga ikut bernyanyi juga. Keakrabanpun mulai terbangun antara polisi dan para Netizen.

Sekitar pukul 21.00 Wib Bapak Kapolda Jatim  Irjen Pol Anton Setiadji datang ke lokasi. Kedatangan Bapak Kapolda ini diiringi oleh para Polwan cantik dari Mabes POLRI yang biasanya nampang di Televisi. Suasanapun makin semarak. Para Netizen berebutan mengabadikan moment ini. 

image

Berhubung Bapak Kapolda sudah datang, acara resminya langsung dimulai. Acara pertama tentunya adalah sambutan-sambutan dan perkenalan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolik kaos Netizen kepada beberapa wakil Netizen. Semua Netizen yang hadirpun mendapatkan kaos tersebut.

image

Acara selanjutnya adalah sesi tanya jawab, Bapak Kapolda mempersilahkan para Netizen untuk bertanya tentang apapun secara langsung kepada beliau yang menyangkut dunia kepolisian. Bapak Kapolda akan melayani dan menjawab sampai puas. Banyak hal yang ditanyakan oleh para Netizen kepada Bapak Kapolda diantaranya tentang mutasi SIM dan STNK, tentang Operasi kendaraan di jembatan Suramadu di malam hari, tentang tilang-menilang karena kelengkapan kendaraan sampai tentang program polisi Sahabat Anak yang dan yang lain-lain. Semuanya dijawab secara langsung oleh Bapak Kapolda.  Namun karena protokoler/MC membatasi jumlah penanya sehingga beberapa netizen merasa belum puas dan masih menyimpan banyak pertanyaan lainnya, salah satunya adalah saya yang pengen bertanya tentang boleh tidaknya pembuatan SKCK dengan berjilbab namun tidak cukup waktunya karena sesi tanya jawab terlanjur ditutup.

image

Kebersamaan antara Netizen jatim dengan jajaran Kepolisian jawa Timur ditutup dengan bernyanyi dan berjoget bersama. Tak lupa juga berselfie ria sebagai kenang-kenangan sekaligus media informasi di akun masing-masing Netizen. Semua yang hadir baik dari kepolisian maupun netizen membubuhkan tanda-tangan di banner kegiatan sebagai bukti kehadiran sekaligus kenang-kenangan.

Kebersamaan ini, baik sisi negative maupun positifnya memberikan kenangan yang tak terlupakan bagi saya. Perjalanan esok harinya adalah di Bukit Kapur Arosbaya.

Satu respons untuk “KOPDAR BARENG KAPOLDA JAWA TIMUR

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s