DOLAN KE PERPUSTAKAAN UMUM LAMONGAN

Sebenarnya sudah lama pengen menulis tentang ini tapi baru sekarang bisa terrealisasi. Gagasan sudah mengendap lama di otak tapi banyak hal yang membuat tersendat. Dari kecil saya suka sekali dengan membaca. Buku adalah teman saya dimanapun berada. Entah buku tulis, buku cerita, novel ataupun majalah selalu ada di dalam tas saya dan menemani kemana-mana.

Pembahasan tentang buku dan semua ruang lingkupnya selalu menarik bagi saya. Salah satunya adalah tentang perpustakaan karena tempat berkumpulnya buku-buku yang sangat banyak adalah di perpustakaan.

Baca juga : Sejarah Adanya Perpustakaan Di Indonesia

Perpustakaan Daerah Lamongan

Kali ini yang menjadi pembahasan adalah perpustakaan daerah yang dipunyai oleh Kabupaten yang saya tinggali yakni Lamongan.
Ketika ada kesempatan luang saya sering mampir ke Perpustakaan Umum Kab. Lamongan untuk sekedar membaca dan refresing otak. Perpustakaan Umum Lamongan berada dalam lingkup kantor Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lamongan. Letaknya sangat mudah dijangkau karena terletak di jalur utama Jalan Surabaya – Babat disamping Terminal Lamongan. Di kanan dan kiri juga ada deretan kantor instansi daerah lainnya seperti Kantor Pajak Pratama, Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas), Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan juga Radio Prameswara.

Kalau ada yang ingin ke Perpustakaan Umum Lamongan, ancer-ancernya sangat mudah. Yang naik kendaraan umum atau pribadi bisa langsung turun di depan lokasi. Tempat parkirnya juga sangat luas.

Sampai saat ini Perpustakaan Daerah Lamongan memiliki koleksi sebanyak 82.494 eksemplar dengan 19.415 judul buku. Jumlah koleksi itu rencananya akan ditambah lagi tahun ini sebanyak 6 ribu eksemplar. Jadi para pelajar, mahasiswa atau siapapun bisa membaca dan mencari buku referensi disini.

Halaman depan kantor Perpustakaan Umum Lamongan sangat asri, banyak pohon-pohon yang rindang dan teduh, dilengkapi juga dengan musholla super luas di dekat parkiran juga ada kantin di sudut timur agak kebelakang.
Kalau haus atau lapar mending ke kantin dulu karena saat di dalam perpustakaan, kita dilarang untuk membawa makanan atau minuman.

image

Jika sudah masuk kedalam, hawa dingin AC akan langsung menyergap. Kita akan disambut oleh petugas yang masih muda-muda dan cantik. Sebelum ke area baca atau tempat rak-rak berjejer kita akan disuruh untuk meninggalkan tas dan jaket di loker yang disediakan. Kita diberi kunci dan nomer loker. Hp dan dompet boleh dibawa kedalam. Selanjutnya mengisi buku tamu / pengunjung yang ditulis tangan. Kemudian mengisi daftar hadir lewat layar monitor / komputer. Agak ribet sebenarnya tapi berhubung sudah ketentuan disana sehingga harus nurut saja. Mungkin yang manual / tulis tangan itu agar bisa dilihat siapa saja sewaktu-waktu sementara yang lewat monitor agar lebih mudah dalam perekapan data.
Jika sudah mengisi keduanya baru bisa masuk ke dalam dan menikmati buku-buku yang tersedia.

Suasana di dalam sungguh asyik dan menyenangkan. Sangat cocok buat mencari literasi dan ispirasi. Hebatnya lagi kita dapat internetan disana sepuasnya. sebab di sana ada layanan HOTSPOT WIFI. Bagi yang tidak bawa laptop bisa menggunakan CPU yang disediakan di dalam perpustakaan. Memang jumlahnya terbatas hanya 4 bilik namun cukup memuaskan. Namun kalau sedang ramai harus sabar antri dan menunggu.

Pelayanan perpustakaan buka dari jam 07.30 sd 16.00. Waktu yang cukup lama buat menyusuri judul-judulnya. Meskipun letaknya di dekat jalan raya namun di dalamnya tidak bising sama sekali karena kedap suara. Ruangannya berAC sehingga terasa sejuk. Yang hobi baca, yang butuh suasana beda atau yang butuh bahan-bahan untuk tugas akhirnya bisa datang kesini segera.

Untuk menjadi anggota cukup membawa fotokopi ktp yang masih berlaku, foto berwarna 3 x 4, dan mengisi formulir pendaftaran. Biayanya nol rupiah alias gratis. Sayangnya kartu anggota tidak bisa selesai saat itu juga harus menunggu 3 sd 5 hari baru selesai. Tapi kalau sudah mengisi formulir dan menyerahkan ftokopi KTP kita diperbolehkan meminjam buku di perpustakaan ini. Lama peminjaman max 2 minggu.
Jadi tunggu apa lagi ayo ke Perpustakaan …… !!!

Baca juga pengalaman saya Berkunjung ke Perpustakaan Surabaya

Iklan

2 thoughts on “DOLAN KE PERPUSTAKAAN UMUM LAMONGAN

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s