KENAL PAMIT KAPOLRES LAMONGAN 2016

DSCN0109

Tahun-tahun sebelumnya saya tidak pernah peduli dengan adanya kegiatan-kegiatan Polri ataupun segala sesuatu tentang Polri. Tapi semenjak awal tahun 2016 ini dimana pihak Kepolisian Daerah Jawa Timur membuka ruang komunikasi yang luas dengan para blogger dan Netizen. Hal itu tentu banyak membuat banyak perubahan. Saya lebih banyak mengenal orang-orang yang berkaitan dengan kepolisian dan tentu saja sedikit banyak tahu tentang kegiatan-kegiatan mereka.
Jika tahun-tahun sebelumnya tidak terlalu memperhatikan adanya perpindahan gerbong mutasi di tubuh POLRI yang memang sering terjadi. Hanya sekedar tahu dan hanya membaca sekilas saja di media massa. Tapi mutasi tahun ini mempunyai sedikit warna yang berbeda dan member sedikit ganjalan di hati. Melalui surat telegram Kapolri nomor ST/1056/IV/2016 hingga ST/1063/IV/2016 tertanggal 28 April 2016 terjadi banyak pergeseran jabatan dalam tubuh POLRI.

Di Kepolisian Daerah Jawa Timur sendiri terjadi mutasi besar-besaran. Terhitung ada 22 Kapolres serta 4 Pejabat Polda Jawa Timur yang dimutasi. Salah satunya adalah Kapolres Lamongan AKBP Trisno Rahmadi SIK. AKBP Trisno Rahmadi SIK harus meninggalkan Lamongan karena mendapatkan amanah untuk melanjutkan tugas sebagai Kabid Propam Polda Sulawesi Tengah dan digantikan oleh AKBP Juda Nusa Putra SIK.

Pertama kali bertemu dengan Bapak Trisno Rahmadi adalah pada tanggal 19 Maret 2016 di warung komplek Polres Lamongan untuk membahas penyambutan Kapolda Jatim di Lamongan. Saat itu Kapolda Jatim mengadakan kunjungan kerja ke sejumlah Polres di Jawa Timur yang salah satunya adalah ke Polres Lamongan. Bapak Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji pada berbagai kesempatan memang selalu menyempatkan bercengkrama dengan para netizen dan melakukan tanya jawab tentang berbagai hal terkait kinerja kepolisian. Netizen sendiri adalah sebutan bagi para penggiat atau aktifis dunia maya seperti twitter, fesbuk, instagram dan para penulis dunia digital alias blogger.

p.polres[1]

Foto bersama AKBP Trisno Rahmadi di komplek Polres Lamongan


Bersama dengan dua orang netizen lainnya, saya diundang oleh Kapolres Lamongan saat itu lewat Humas Polres Lamongan untuk menemui beliau. Saat bertemu dengan Bapak AKBP Trisno Rahmadi, kesan pertama yang tertangkap adalah rasa supelnya menghadapi warga biasa seperti kami juga keramahannya. Berhubung tidak memakai seragam kebesaran, kecanggungan nyaris tidak ada. Pembicaraanpun mengalir dengan lancar dengan suasana akrab. Tidak disangka beliaunya sudah mempunyai nomer HP kami bertiga, jadi tanpa diminta beliau langsung miscall ke no HP kami agar kami menyimpan nomer beliau. Hal tersebut sebuah kesempatan langka dan tidak terduga mengingat kami bukanlah siapa-siapa.

Kapolres yang berasal dari Lampung ini juga meminta kami untuk add akun fesbuk beliau agar bisa lebih intens dalam komunikasi. Makin senanglah kami padahal banyak banget orang yang mau berteman dengan beliau di fesbuk namun tidak semuanya di add.

Pertemuan kedua saya dengan AKBP Trisno Rahmadi adalah saat di Tanjung Kodok Beach Resort (TKBR) yang bersebelahan dengan tempat Wisata Bahari Lamongan. Saat itu Kapolda Jatim dan rombongan bermalam disana dalam rangka kunjungan kerja ke Polres Lamongan. Di Tanjung Kodok Beach Resort (TKBR) Bapak Kapolda Jawa Timur bercengkrama dengan tokoh masyarakat dan pejabat teras Kabupaten Lamongan. Kami para Netizen yang berjumlah sekitar 15 orang hanya bisa mengamati dan menemani. Namun setelah pertemuan Kapolda Jatim dan tokoh masyarakat Lamongan buyar, Bapak AKBP Trisno Rahmadi yang masih menjabat Kapolres Lamongan saat itu dan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Argo Yuwono melanjutkan bincang-bincang dan cengkrama dengan para Netizen Lamongan dan Tuban.

AKBP Trisno Rahmadi bersama Kombes Pol Argo Yuwono

AKBP Trisno Rahmadi bersama Kombes Pol Argo Yuwono

Pada kesempatan tersebut kedua Petinggi Kepolisian tersebut menceritakan pengalaman-pengalaman seru mereka saat di Akpol (Akademi Kepolisian) dan juga di tempat-tempat tugas mereka. Ada susah, sedih, gembira dan senang yang menemani. Ada juga kelucuan yang menyertai sehingga membuat gelak tawa diantara kami. Baik pertemuan pertama maupun kedua meninggalkan kesan yang mendalam dan tak terlupakan.

Satu bulan selepas dari pertemuan di TKBR ternyata ada perubahan mutasi di tubuh POLRI yang salah satunya adalah perpindahan tugas sekaligus promosi jabatan AKBP Trisno Rahmadi. Mutasi di Tubuh Polri memang biasa terjadi untuk penyegaran organisasi. Bapak Trisno Rahmadi menjabat Kapolres Lamongan selama 1 tahun 4 bulan 4 hari.

Acara Kenal Pamit Kapolres Lamongan dilakukan pada tanggal 13 Mei 2016 mulai pukul 19.00 WIB di halaman Polres Lamongan. DSCN0113Pada kesempatan tersebut selain dihadiri oleh jajaran Kepolisian Kabupaten Lamongan juga ada berbagai institusi di luar kepolisian yang diundang salah satunya adalah dari Netizen Lamongan.

Dalam sambutannya di acara tersebut Bapak AKBP Trisno Rahmadi menyatakan bahwa banyak kesan mendalam yang dirasakan beliau saat bertugas di Lamongan. Begitu banyaknya sehingga membuat beliau kehilangan banyak kata-kata untuk mengungkapkannya. Kebersamaan yang dibangun bersama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Lamongan memberi kenangan tersendiri bagi Bapak AKBP Trisno Rahmadi. Hampir semua Kepala Desa di Kabupaten Lamongan mempunyai no HP beliau karena beliau sangat welcome pada semua orang. Jika ada kasus/kejadian bisa langsung menghubungi dan ditanggapi.

AKBP Trisno Rahmadi ini ternyata mempunyai Hobi Trail dan sepeda Onthel. Di saat ada waktu luang, beliau menyalurkan hobi tersebut bersama Grup/komunitas yang beliau punyai. Meskipun berat untuk meninggalkan Lamongan, namun demi tugas Negara semua harus dijalani. Kepemimpinan Kepolisian Resort Lamongan diserahkan kepada penggantinya yakni AKBP Juda Nusa Putra SIK.
Kapolres Lamongan yang baru yakni AKBP Juda Nusa Putra SIk adalah alumni Akpol tahun 1997 dan berasal dari betawi (Jakarta).

AKBP Juda Nusa Putra bersama istri (kiri) dan AKBP Trisno Rahmadi bersama istri (kanan)

AKBP Juda Nusa Putra bersama istri (kiri) dan AKBP Trisno Rahmadi bersama istri (kanan)

Dalam Sambutannya di Acara Kenal Pamit Kapolres Tanggal 13 Mei malam kemarin, Bapak AKBP Juda Nusa Putra sangat kagum dan senang dengan sambutan warga masyarakat Lamongan. Mulai turun dari bandara Juanda Surabaya hingga malam ini acara sambutan tiada habis habisnya. Beliau yang didampingi sang istri merasa sangat tersanjung dan memohon dukungan semua pihak agar dapat melaksanakan tugas di Lamongan dengan sebaik-baiknya dan meneruskan semua program dari Kapolres sebelumnya.

Menurut AKBP Juda Nusa Putra Ini adalah pertama kalinya beliau bertugas di tanah Jawa. Sebelumnya beliau pernah bertugas Kalimantan Tengah kemudian ke Sulawesi Utara dan ke Sulawesi Selatan. Dari Sulawesi Selatan dipindah tugaskan ke Medan Sumatra Utara selama 4 tahun kemudian bertugas di Bengkayang Kalimantan Barat sampai akhirnya di tugaskan di Kabupaten Lamongan Jawa Timur ini sebagai Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Lamongan.

DSCN0114
Selamat Jalan Komandan AKBP Trisno Rahmadi SIK, Selamat bertugas di tempat yang baru. Selamat datang Komandan AKBP Juda Nusa Putra SIK, Selamat bertugas di Lamongan dan semoga krasan di sini.

Iklan

One thought on “KENAL PAMIT KAPOLRES LAMONGAN 2016

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s