POLDA JATIM GELAR CANGKRUAN BARENG NETIZEN

​Netizen merupakan sebuah istilah yang dibentuk dari 2 suku kata, yakni Net (singkatan dari internet) dan Citizen (warga masyarakat). Jika disatukan Netizen artinya adalah warga masyarakat dalam dunia internet. 

DI era teknologi informasi saat ini, keberadaan netizen dianggap penting bagi pembentukan opini publik. Hal itu disadari sepenuhnya oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Oleh karenanya Divisi Humas Polri telah seringkali mengadakan pertemuan dengan para netizen guna jalin silaturahmi dan konsolidasi. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Polda Jawa Timur. 

Baca juga Along Polong bersama Kapolda Jatim

Pada hari Rabu tanggal 24/08/2016 Kepolisian Republik Indonesia melalui divisi Humas Polda Jatim telah mengadakan pertemuan dan silaturrahim dengan para netizen dari berbagai wilayah Jawa Timur. Puluhan netizen dari berbagai kabupaten di Jawa Timur hadir dalam acara ini, seperti Madura, Lamongan, Mojokerto, Sidoarjo dan Bojonegoro. Saya sendiri adalah salah satu orang yang berkesempatan ikut hadir dalam acara tersebut. 

Awalnya acara dan kegiatan ini dijadwalkan diselenggarakan di Mapoltabes Surabaya pada siang harinya. Namun berdasarkan saran dan perintah dari Kapolda Jawa Timur Irjen Anton Setiadji, kegiatan di pindahkan ke Cafe Rolaks, Jalan Raya Karah No.11 Jambangan, Surabaya, mulai pukul 19.00 WIB.

Alasan kepindahannya menurut Kapolda adalah agar para netizen lebih leluasa dan tidak kaku. Konsepnya adalah cangkruan karena para Netizen notabanenya bukanlah petugas kantoran atau kepolisian sehingga pertemuan dalam kantor tidak cocok dengan mereka. 
Saya berangkat ke acara ini bersama 6 netizen lainnya dari Lamongan. Setelah sebelumnya berkumpul di depan Mapolres Lamongan, kami berangkat bersama-sama menuju Surabaya dengan menaiki kendaraan roda empat milik salah satu teman netizen. Kami sampai beberapa menit sebelum acara pembukaan berlangsung. 
Berhubung ini adalah acara kepolisian, tidak heran jika ada banyak polisi-polisi berseragam yang berjaga dan mengatur lalu lintas di sekitar lokasi acara. Saat kami datang di dalam cafe rolaks sudah banyak netizen berbagai daerah yang sudah datang terlebih dahulu. Bahkan yang dari Bojonegoro katanya sudah stanby dan datang ke Surabaya sejak pagi karena tidak tahu ada perubahan tempat dan waktu. Acara ini ternyata diliput oleh stasiun televisi lokal JTV. 

Kapolda Jatim bersama Kapolres Tanjung Perak

Sekitar pukul 19.30 WIB Kapolda Jawa Timur tiba di lokasi dan acarapun segera dimulai.  Selain ada Kapolda Jatim, Irjen Anton Setiadji, acara ini juga dihadiri oleh Karo Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID) Div Humas Polri, Brigjen Daniel Pasaribu didampingi Kabid Humas Polda Jatim Kombes RP Argo Yuwono, Dirlantas Polda Jatim, Kombes Drs Ibnu Isticah dan perwakilan BNNP Jawa Timur serta ada pula Kapolres Tanjung Perak AKBP Takdir dan para pejabat teras Polda Jatim lainnya. 

Acara diisi dengan sambutan-sambutan diantaranya dari Kapolda Jatim sendiri, perwakilan dari Humas Polri, Dirlantas Polda Jatim, dan dari BNN. Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab seru antara netizen dan petinggi kepolisian dan diakhiri dengan foto-foto bersama. Tak lupa juga menikmati makanan serta minuman khas dari kafe Rolaks yang dapat di pesan gratis atas rekomendasi Kapolda. 

Sebagai tuan rumah, Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji memberikan kata sambutan pertama. Menurut pejabat kepolisian yang sangat dekat dengan para Netizen tersebut Polisi itu tidak kemana-mana, tpi polisi ada dimana-mana. Polda jatim sendiri sering mengadakn acara dengan netizen sebagai salah satu upaya meningkatkan solidaritas masyarakat dengan aparat kepolisian. 

Baca juga apa itu Netizen Polri

Sementara Irjen Boy Raffi Amar Divisi Humas Polri yang berhalangan hadir dan diwakili oleh Karo PID Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Brigadir Jenderal Daniel Pasaribu, berkesempatan memberikan sambutan secara tertulis menyatakan bahwa, Di era baru perang di dunia maya saat ini, kekuatan medsos sangat mempengaruhi perkembangan zaman. Oleh karenanya Polri ikut terjun ke medsos untuk lebih mendekatkan diri pada masyarakat dan berinteraksi langsung dengan mereka. Saran dan kritik dari masyarakat bisa langsung ditanggapi. 

Karo PID Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Brigadir Jenderal Daniel Pasaribu

Kadivhumas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar dalam sambutan tertulisnya juga memberikan penjelasan bahwa acara bertatap muka dengan netizen seperti ini sudah tiga kali dilakukan. Sebelumnya sudah pernah diadakan di Medan serta Bandung dan yang sekarang ini yakni di Surabaya. Kadiv sangat menghargai dan berterima kasih atas antusias masyarakat dalam acara ini. 

Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Ibnu Isticha, pada kesempatan sambutan selanjutnya menyampaikan pesan-pesan tertib berlalulintas. Hal itu terkait dengan meningkatnya angka kecelakaan rata-rata per bulan yang sebesar 500 kejadian. Polda Jatim dalam hal kecelakaan lalu lintas menempati posisi rangking tingkat I dari Polda-Polda se-Indonesia.

Sedangkan, mewakili BNN Jawa Timur, Dr Amrin, menegaskan di Indonesia ada 10 Provinsi yang bisa dikatakan darurat narkoba salah satunya Jatim yang mempunyai prevelensi 2 persen. Karena itu, dia berharap dengan adanya sosialisasi, para netizen untuk selalu menyampaikan ke masyarakat untuk tidak coba-coba menggunakan narkoba. Bagi yang sudah terlanjur menggunakan harus stop mulai sekarang untuk hidup lebih baik dan berkualitas. 

Setelah acara sambutan-sambutan usai, suasana kafe Rolaks semakin menghangat dengan berbagai tanya jawab seputar kondisi dan situasi Jawa Timur saat ini. Para Netizen tampak antusias dan bergantian melontarkan pertanyaan dan juga pernyataan. Para pejabat kepolisian termasuk Kapolda Jatim dengan senyum dan sumringah menjawabnya. 

Kapolda Jatim saat menjawab pertanyaan netizen

Salah satu yang masih saya ingat adalah saat salah seorang netizen yang berasal dari kampus Airlangga Surabaya, yang mengeluhkan perpakiran mobil di depan kampus Airlangga yang memakan hak pengguna jalan. Dan dijawab dengan tegas oleh Kombes Pol Ibnu Dirlantas Polda Jatim yang akan segera memeriksa dan menindaklanjuti. Jika ditemukan pelanggaran akan dilakukan penindakan tegas. Fasilitas umum juga akan dilengkapi untuk menunjang aktifitas dan kegiatan masyarakat. 

Ketika salah seorang netizen dari Madura menanyakan apakah Kapolda Jatim mengamati para netizen di medsos?. Kapolda Jatim, Irjen Pol Drs Anton Setiadji, menjawab spontan kalau beliau tidak punya akun facebook, Kapolda hanya punya akun instagram dan whatsapp (WA).

Selain pertanyaan-pertanyaan di atas, sebenarnya masih banyak lontaran pertanyaan lain yang diajukan oleh para netizen. Namun tidak bisa ditulis semuanya karena keterbatasan memori yang saya punya. Kapolda sendiri menyatakan siap meladeni pertanyaan-pertanyaan netizen sampai subuh, namun karena hal itu tidak bisa dilakukan karena kondisi dan situasi yang tidak memungkinkan

Kapolres Tanjung Perak bersama Netizen

Sekitar pukul 10 malam, acara tanya jawab di akhiri. Meskipun demikian sebagian netizen masih enggan beranjak pergi. Mereka malah bergantian berfoto dan Selvie dengan Kapolda. Kapolda sendiri dengan rela hati meladeni foto-foto bersama netizen yang datang bersama kelompoknya masing-masing. Ada pula yang minta berfoto sendiri dengan Kapolda dan dilayani dengan senang hati. 

Selain Kapolda, Kapolres Tanjung Perak AKBP Takdir juga menjadi sasaran foto-foto Selvie para netizen. Mereka bergantian foto bersama. Ada yang sendiri dan ada pula yang berkelompok. Karena antrean yang cukup panjang saya sendiri tidak kebagian berfoto bersama. 

Kapolres Tanjung Perak bersama Paur Humas Polres Lamongan

Kegiatan-kegiatan seperti ini semoga rutin terlaksana agar tercipta hubungan erat antara jajaran kepolisian dengan netizen sehingga menghasilkan manfaat langsung bagi masyarakat.

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s