PERJALANAN HIDUP YANG TERUS MENGALIR

​Perjalanan hidup manusia dari masa bayi hingga dewasa bagaikan perjalanan sumber air yang mengalur dari hulu sampai muara. 

Mata Air yang mengalir

Sumber air yang berasal dari hulu masih jernih tanpa cela dan noda. Setelah mengalir menuju muara akan melewati banyak tempat, ada pedesaan yang hijau, ada kota yang penuh polusi, ada hutan belantara yang liar dan tempat-tempat lainnya. Air dari hulu tentu akan berubah kejernihannya


Air yang mengalir melintasi pedesaan, akan menerima limbah dari warga desa yang tidak terlalu banyak. Hanya untuk kebutuhan sehari-harinya saja. Kejernihan airnya jadi terjaga meski sedikit ternoda. Muara dari desa biasanya hanya sampai  telaga atau danau saja tak jauh-jauh dari tempat tinggal.


Berbeda dengan air yang mengalir melintasi daerah perkotaan yang banyak industri. Warga kota dengan industrinya membuang limbahnya bersatu dengan air yang  muaranya sampai lautan. Di laut selalu ada ombak sehingga air selalu keruh.
Didalam hutan belantara, air yang mengalir dari hulu terus menuju ke muara, hanya sesekali terhenti karena faktor alam dan makhluk hidup lainnya. 
Demikianlah perjalanan hidup manusia. Sewaktu masih bayi masih bersih dan suci namun dalam perjalanan hidupnya akan melalui lintasan yang berbeda-beda sesuai profesi yang di pilihnya. Masing-masing di akhir hidupnya ( masa tuanya ) akan berbeda-beda nasib dan kondisinya.

Bayi mungil tanpa dosa

Ada yang masih terjaga kebersihannya di akhir hidupnya. Menjadi air ditelaga/danau yang tenang lagi jernih. 

Ada yang akhir hidupnya keruh, galau Karena selalu mendapatkan goncangan. menjadi air lautan yang selalu ada ombak, keruh lagi kotor.

Bagaimana menurut Anda ? 

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s