6 ALASAN MENGAPA JEPANG LAYAK JADI TUJUAN TOUR HALAL

Berbicara mengenai Liburan, tentu banyak tempat yang ingin dikunjungi. Berbagai ide lokasi tujuan wisata pasti berseliweran di kepala. Dari yang terdekat hingga terjauh. Dari tempat-tempat dalam kota hingga luar negeri. Semuanya pengen dijelajahi terutama tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi. Bagi para muslim-muslimah tentu harus mempertimbangkan pula lokasi yang dipilih, apakah halal atau tidak.

Bagi anda yang mempunyai budget lebih dan ingin berlibur ke luar negeri yang halal dan sesuai kaidah Islam, salah satu tempat yang sangat direkomendasikan adalah negara Jepang. Mengapa harus Jepang? Mengapa tidak ke negara-negara tetangga lain seperti Singapura, Malaysia, Brunei atau kalau mau jauh, langsung berpetualang ke negara-negara di Eropa dan Timur Tengah?. 

Taman bunga Jepang

Sumber gambar : pixabay

Negara yang dijuluki dengan negeri sakura ini layak dikunjungi dan dijadikan tempat tour liburan wisata halal karena berbagai alasan yang mendasarinya. Berikut ini adalah enam alasan yang bisa dijadikan penguat sekaligus pertimbangan. 


1. PUSAT TEKNOLOGI CANGGIH 

Negara Jepang dijuluki dengan Macan Asia berkat kemajuan teknologi yang berkembang pesat di sana. Berbagai teknologi dan produk elektronik yang kita gunakan sehari-hari kebanyakan dihasilkan dari sana. Mulai dari Ponsel, Televisi, Laptop, Lemari Es hingga robot yang membantu pekerjaan manusia. 

Robot Jepang

Sumber gambar : Pixabay

Produk-produk dari Jepang sudah sangat canggih dan tak kalah dengan produk Eropa. Harganya juga cukup murah dibandingkan dengan produk serupa dari negara lain. Bagi pecinta gadget terbaru yang super keren, bisa memuaskan kecintaannya dengan berbelanja elektronik atau pun gadget-gadget canggih langsung di negara tempat produksinya.  


2. WISATA BUDAYA YANG TERJAGA

Meskipun termasuk negara modern, namun budaya dan kebiasaan masyarakat Jepang masih terjaga hingga saat ini. Bangunan-bangunan tradisional masih utuh dan berdampingan dengan bangunan modern. Kita bisa melihat bangunan-bangunan kuno seperti kuil Shinto atau kuil Buddha yang berusia ratusan tahun sekaligus bisa melihat bangunan-bangunan modern yang super canggih di negara ini.

Bangunan arsitektural Jepang

Sumber gambar : pixabay

Masyarakat Jepang sangat memegang teguh adat istiadat dan kebudayaannya sehingga tak heran jika elemen-elemen bernilai historis warisan masa lalu masih terjaga dengan baik. Rasa toleransi dan solidaritas juga sangat tinggi, sehingga setiap muslim yang ingin beribadah tidak akan terganggu dan diganggu. 

3. PANORAMA ALAM YANG LUAR BIASA MEMIKAT

Ingin melihat musim semi dengan bunga sakura yang bermekaran? atau ingin melihat indahnya daun-daun maple yang berwarna kuning kemerahan di musim gugur? Di Jepang lah tempatnya. Kita juga bisa berjemur di pantai seharian atau melihat festival kembang api di musim panas atau merasakan salju dan mencoba bermain ski di musim dingin. Jepang adalah negara terdekat dari Indonesia yang bisa memberikan pengalaman empat musim yang berbeda. 

Taman Bunga Jepang

Taman Bunga di Jepang yang eksotik (sumber : pixabay)

Jepang juga mempunyai taman-taman keren dengan pemandangan alam yang luar biasa indah. Taman-taman ini dibuat dengan teliti dengan mempertimbangkan banyak aspek pendukung. Ada kolam atau danau buatan, sungai, jembatan, barisan pepohonan sakura, pohon maple dan juga kebun bunga yang selalu dirawat. Taman Hama Rikyu dan Taman Yoyogi yang ada di pusat Kota Tokyo dibuat dengan memadukan cantiknya pohon-pohon sakura dengan danau serta ditambah adanya kebun bunga yang berwarna warni. Hal ini benar-benar membuat taman tersebut memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Ada pula Taman Nara di Nara yang dibuat secara sengaja dan ditambahi ribuan rusa yang hidup bebas sehingga menambah kesan menawan alami. 


4. SURGANYA ANIME /DUNIA FANTASI 

Jepang sangat terkenal akan komik dan anime-nya. Ribuan tokoh anime tercipta dari negara ini dan memiliki penggemar fanatik di seluruh dunia. Tentu menjadi kebanggaan tersendiri jika bisa menginjakkan kaki di tempat-tempat yang diceritakan dalam komik/anime tersebut apalagi jika bisa bertemu dengan penciptanya, tentu jadi pengalaman luar biasa. Selain itu di Jepang juga ada tempat wisata dunia fantasi yang sangat menarik dan memikat hati. Seperti Disneyland, Tokyo Disney Sea dan juga Universal Studio di Osaka. Cocok untuk tempat liburan keluarga bersama buah hati tercinta. 

5. BIAYA RELATIF MURAH 

Nilai uang di Jepang hampir sama dengan Indonesia. 1 Yen Jepang kurang lebih sekitar 125-128 rupiah. Biaya hidup disana juga hampir sama dengan biaya hidup di Indonesia. Makanan cepat saji yang dijual di Restoran dengan menu nasi-daging-sayur harganya mulai dari 200 yen atau 25 ribu. Hotelnya juga dihargai mulai 600 ribu rupiah saja per malam. Berbeda jauh dengan Singapura yang makanan fast-foodnya dihargai 10 SGD atau hampir 100 ribu dan hotelnya paling murah dihargai sekitar 1 juta semalam.

Dengan teknologi modern dan dinamis yang ada di Jepang, kita juga bisa menghemat banyak uang saku. Untuk naik jaringan kereta paling terkenal di dunia, kita hanya perlu membayar tiket mulai dari 140-300 yen saja. Jalur kereta sudah mencakup banyak lokasi sehingga memudahkan wisatawan mengunjungi 4 atau 5 tempat wisata sekaligus dalam satu lokasi.


6.TERBUKA BAGI TURIS MUSLIM

Negara Jepang memang sudah menjadi salah satu tujuan utama banyak wisatawan mancanegara. Oleh karenanya pemerintah Jepang membuka pintu seluas-luasnya bagi para wisatawan tak terkecuali wisatawan Muslim. Meskipun Agama Islam di Jepang termasuk minoritas, namun saat ini kita bisa dengan mudah menemukan restoran yang menyediakan menu-menu makanan halal, mushola di pusat perbelanjaan, dan juga pusat jajanan dan oleh-oleh halal. Hotel-hotel dan restoran di Jepang sudah banyak yang menyediakan pelayanan yang halal dan ramah bagi muslim. Restoran Halal juga dapat ditemukan di Bandara Tokyo Narita atau Haneda. 
Itulah 6 alasan mengapa Jepang Layak dikunjungi dan dijadikan alternatif tour liburan halal. 

Mengunjungi Jepang dapat memberikan kita wawasan, pengetahuan dan pengalaman baru yang luar biasa. Silahkan berkunjung sendiri kesana.

Iklan

6 thoughts on “6 ALASAN MENGAPA JEPANG LAYAK JADI TUJUAN TOUR HALAL

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s