STRATEGI BELAJAR INTERNET MARKETING 

Internet marketing atau yang dalam bahasa sederhana dikenal dengan jualan di internet adalah sebuah metode bisnis yang mencakup promosi, pemasaran dan branding penjualan yang menghasilkan uang di internet. Metode bisnis ini telah menjadi tumpuan hidup sebagian masyarakat modern saat ini. Peminatnya juga terus meningkat dari waktu ke waktu. Pendapatan dari usaha internet marketing yang bisa melebihi pendapatan para pegawai negeri membuat banyak orang ingin belajar internet marketing.

Belajar Internet Marketing

Sumber gambar : pixabay.com

Pembelajaran internet marketing sebenarnya gampang-gampang susah. Disebut gampang atau mudah jika orang yang belajar memiliki sumber referensi terpercaya dan memiliki pemahaman yang tinggi, namun bisa sangat susah jika orang yang belajar tidak memiliki sumber referensi terpercaya dan juga pemikiran yang pas-pasan. Diperlukan strategi ampuh yang sesuai dengan pribadi masing-masing orang agar hasilnya memuaskan. 

Sebenarnya tidak ada yang salah dalam strategi dan metode belajar internet marketing. Hal itu karena pada dasarnya tujuannya sama yakni mencari uang dari internet. Semua strategi bisa dicoba. Namun kadang yang menjadi masalah adalah keefektifan dari metode belajar tersebut dan juga hasil yang didapatkan. Adakalanya strategi yang dijalankan menuai kegagalan dan tidak menghasilkan apa-apa. Adapun yang berhasil. 

Dalam dunia Internet Marketing setidaknya ada 4 strategi yang biasa digunakan orang untuk belajar Internet Marketing. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, tinggal bagaimana kita bisa memilih dan mengaplikasikanya. Berikut adalah 4 strategi belajar internet marketing yang bisa dicoba, 

1.Belajar Secara Otodidak

Metode belajar secara otodidak atau belajar sendiri adalah salah satu strategi belajar Internet Marketing yang dipilih oleh sebagian orang. Tidak sedikit diantara mereka yang meraih kesuksesan. Strategi belajar ini biasanya dilakukan dengan membaca artikel-artikel populer tentang internet marketing, aktif di forum yang berhubungan dengan Internet Marketing atau bertanya langsung pada orang yang berkecimpung di bidang Internet Marketing. 

Belajar Internet otodidak

Belajar otodidak (sumber gambar : pixabay.com)

Belajar Internet Marketing secara otodidak memang kadang dianggap meragukan. Karena tidak ada mentor terpercaya dan ilmu yang didapat juga tidak menyeluruh. Namun seorang pembelajar otodidak sangat berpotensi mendapatkan inovasi baru, strategi baru dan trik baru atas dasar percobaan sendiri yang dilakukannya. 

Kelemahan utama dari pembelajaran secara otodidak adalah membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Strategi belajar otodidak membuat fikiran capek dan lelah. Pembelajar harus berpikir sendiri, mencari referensi sendiri dan juga kebingungan sendiri menentukan arah, dari mana kemudian harus kemana.

2. Belajar Lewat Seminar

Bagi yang enggan belajar secara otodidak dan menginginkan pengetahuan atau referensi langsung dari ahlinya, maka strategi belajar Internet Marketing lewat seminar atau workshop bisa dijadikan alternatif. Dengan belajar lewat seminar, pembelajar bisa bertatap muka langsung dengan informan (ahlinya). Melakukan tanya jawab dan bisa mendapatkan berbagai materi langsung dari ahlinya. 

Belajar Lewat Seminar (sumber gambar : pixabay.com)

Kelemahan belajar lewat seminar adalah waktunya yang relatif singkat. Pembelajaran lewat seminar biasanya berdurasi 2 sampai 5 jam saja, meski ada pula yang lebih lama lagi. Untuk mengikutinya harus membayar sejumlah biaya yang nominalnya tidak sedikit. Dengan waktu yang singkat tersebut, tidak semua materi bisa terserap oleh otak. Mungkin hanya orang-orang yang Ber-IQ  tinggi saja yang bisa menyerap semua materinya. Sehingga seringkali diperlukan seminar lain untuk mendukung materi/pengetahuan yang didapat. 

3. Belajar Lewat Kursus Langsung

Jangan di kira istilah kursus hanya untuk bidang tertentu seperti menyetir, menjahit atau memotret. Kursus internet marketing saat ini sudah banyak tersedia dan termasuk dalam lembaga yang menyediakan pendidikan non formal yang diakui negara. Strategi belajar lewat kursus langsung sangat bagus karena pembelajar akan berhadapan langsung dengan sang ahli atau orang yang bisa menjadi mentor serta sumber referensi terpercaya.

Kursus Internet Marketing

Belajar Lewat kursus (sumber gambar : Babastudio.com)


Cara belajarnya seperti sedang sekolah biasa, dengan beberapa kali pertemuan setiap minggu sesuai program dan kesepakatan. Seluruh materi telah dipersiapkan, peserta tinggal mendengarkan dan mempraktekan. Jika kurang jelas bisa langsung ditanyakan tanpa perlu segan. Kelebihan lainnya adalah cara belajarnya yang bertahap dan akan mendapat follow up sehingga lebih mudah diserap otak sekaligus dipraktekkan. 

4. Belajar Lewat Kursus Online

Strategi belajar lewat kursus online biasanya dipilih oleh orang yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk keluar rumah. Metode belajar lewat kursus online hampir sama dengan kursus langsung. Pembelajar bisa berkomunikasi langsung dengan sang ahli yang akan memberikan materi. Namun kemudahannya adalah peserta kursus bisa belajar dari rumah, tanpa perlu pergi ke tempat kursus.

Yang dibutuhkan dalam kursus online adalah koneksi internet dan memanfaatkan layanan komunikasi seperti sosial media maupun video call. Waktu belajar bisa disesuaikan dengan kondisi, pagi, siang atau malam tergantung kesepakatan. Meski metodenya dilakukan secara online namun peserta juga bisa mengadakan gathering lebih lanjut untuk mendalami materinya.

Sumber gambar : Babastudio.com


Saat ini sudah banyak tempat yang menyediakan kursus Internet Marketing, Salah satunya adalah Baba Studio. Di sana banyak menyediakan banyak paket kursus pelatihan Internet Marketing baik online maupun langsung. Adapula Studi Jualan Online serta Studi Internet dan Digital Marketing yang terbukti telah membantu banyak orang belajar Internet Marketing dan memasarkan produknya di internet. 

Demikianlah strategi belajar Internet Marketing yang bisa saya paparkan. Semoga menginspirasi Anda. Jika ada pertanyaan, saran atau sanggahan bisa ditulis di kolom komentar. Jangan lupa follow akun Twitter saya @Munasyaroh_fadh untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini. 

Iklan

5 thoughts on “STRATEGI BELAJAR INTERNET MARKETING 

  1. greatmuslim berkata:

    Saya tertarik belajar internet marketing Mbak.. tapi selama ini saya belajarnya otodidak. Jadi maklum lah, usaha saya kurang berkembang. Tapi bismillab setelah ini saya akan belajar lebih banyak. Yeay, haha.

    Suka

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s