CARA MENGATASI KUTU RAMBUT DENGAN BAHAN ALAMI

Adanya hewan kutu yang bersarang pada rambut kepala sering kali membuat orang menggaruk-garuk kepala. Kondisi gatal yang terjadi pada kulit tersebut karena kutu rambut menghisap darah pada bagian kulit kepala sehingga perlu digaruk. 


Apabila kutu rambut tidak dibasmi, kutu betina akan bertelur dan telurnya akan menetas. Lama kelamaan kutu rambut semakin banyak dan berkembang biak. Seekor kutu betina akan bertelur enam buah telur sehari, kurang lebih 8 hari kemudian telur akan menetas. Tak terbayang betapa cepatnya kutu rambut berkembang biak. 

Kutu rambut

Ilustrasi kutu rambut



Banyak obat kimia anti kutu yang dijual bebas di pasaran,  namun sayangnya tidak semua orang cocok. Di samping baunya yang menyengat juga banyak yang kulitnya sensitif sehingga cenderung bereaksi terhadap paparan obat-obatan kimia tersebut. Akibatnya bukan hanya kutunya yang hilang, namun rambut bisa rontok dan kulit kepala juga mengelupas. 

Sebenarnya ada banyak cara alami untuk mengatasi kutu rambut yang aman bagi kulit kepala. Apa saja itu ? Simak penjelasannya berikut ini : 


1. Menggunakan Bawang Merah

Bawang merah bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kutu rambut. Caranya, Kupas bawang merah dan potong jadi dua. Oleskan potongan bawang merah ke seluruh bagian kulit kepala hingga rata. Diamkan semalam. Keesokkan harinya langsung keramas menggunakan sampo.  Bawang merah mempunyai bau yang khas dan kuat. Bau khas dari Bawang Merah akan membuat Kutu-kutu rambut mati seketika, begitu juga dengan telur-telurnya tidak akan bisa menetas. Rambut pun bebas kutu. 

2. Minyak Kelapa

Cara lainnya untuk mengatasi kutu rambut adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Caranya, oleskan saja minyak kelapa ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala hingga merata. Tutup kepala dengan handuk atau kerudung atau plasyik dan biarkan hingga semalaman. Akibat menghisap minyak kelapa, Kutu-kutu rambut akan dehidrasi dan lama kelamaan mati. Telur-telur yang siap menetas juga ikut mati. 


3. Jeruk Nipis dan Minyak Kayu Putih

Cara selanjutnya yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan campuran air perasan jeruk nipis dan minyak kayu putih. Caranya sangat mudah dan praktis. Campurlah perasaan jeruk nipis dengan minyak kayu putih dengan perbandingan satu banding satu. Lalu oleskan campuran itu pada kulit kepala hingga rata sambil melakukan pijatan-pijatan lembut. Setelah rata, tutup rambut kepala dengan menggunakan penutup rambut berbahan plastik atau bisa juga menggunakan handuk kering. 

Diamkan kurang lebih 2 – 3 jam lalu bilas dengan air bersih dan shampo. Kutu-kutu rambut beserta telurnya akan mati lemas.

Demikianlah cara mengatasi kutu rambut dengan bahan alami dan aman, semoga bermanfaat. 

Iklan

One thought on “CARA MENGATASI KUTU RAMBUT DENGAN BAHAN ALAMI

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s