Cinta Itu Berjuta Rasanya (Resensi Buku)

Judul             : Berjuta Rasanya

Pengarang   : Tere Liye

Penerbit       : Mahaka Publishing (Imprint Penerbit Republika) 

Tebal buku : vi + 205 halaman

Berat buku : 300 gram

ISBN : 978-602-9474-03-9

Cinta Berjuta Rasanya

Cover depan

Buku Berjuta Rasanya yang di tulis oleh penulis terkenal Tere Like ini adalah salah satu buku yang menjadi best seller dan dicetak pertama kali pada Mei 2012. Tercatat hingga saat ini, buku ini sudah dicetak ulang hingga 27 kali. Hal itu membuktikan bahwa, tulisan-tulisan Tere Liye banyak disukai orang. Buku yang saya baca dan saya resensi ini adalah cetakan ke 27, terbit bulan November 2016. 

Berbeda dengan buku-buku karangan Tere Liye lainnya yang berupa novel super tebal nan memikat, Buku yang berjudul Berjuta Rasanya ini berupa kumpulan cerpen khusus percintaan. Karena membahas tentang cinta dan segala sesuatu disekelilingnya, buku ini tidak dianjurkan dibaca oleh anak-anak. Meskipun cerita-cerita dalam buku ini adalah fiksi, namun sebagian isinya terdapat fakta-fakta kongrit yang sering terjadi di sekitar kita. Hanya para remaja dan orang dewasalah yang tepat untuk membaca dan mendalami isinya. 

Berjuta Rasanya adalah sebuah buku kumpulan cerita pendek yang berisi 15 kisah cinta yang berbeda. Jalinan cerita di masing-masing kisah ditulis secara apik dan memikat oleh penulisnya. Cinta adalah sesuatu yang spesial, tidak peduli sederhana apapun itu, sepanjang dibungkus dengan pemahanan yang baik, cinta pasti berjuta rasanya. Itulah inti dari buku ini. 

Sebagai resensi, saya akan menuliskan beberapa cuplikan kisah-kisah di dalam buku ini untuk bisa dinikmati bersama. 

Bila Semua Wanita Cantik

Ini adalah kisah 2 orang wanita yang merasa dirinya jerawatan, gendut, tidak cantik dan tidak bisa memikat lawan jenisnya. Suatu hari salah seorang dari mereka berdoa, dia ingin menjadi cantik dan disukai banyak orang, atau kalau tidak bisa cantik, dia ingin wanita wanita lain berubah jelek seperti dirinya. Namun yang terjadi justru diluar keinginannya, semua wanita di dunia malah menjadi cantik jelita, kecuali dia dan temannya tersebut. 

Awalnya 2 orang ini merasa terabaikan dan tersisih. Namun seiring perkembangan waktu, akibat dari semua orang yang berubah menjadi cantik jelita, standar kecantikan juga berubah. Yang tadinya cantik, dianggap jelek dan standar. Yang tadinya dianggap jelek, sekarang jadi primadona dan diburu banyak orang. 

Kisah pertama dalam buku ini adalah favorit saya, butuh beberapa waktu bagi saya untuk merenung dan meresapi jalinan ceritanya. Saya sengaja tidak melanjutkan cerita lain di buku ini agar ceritanya merasuk kedalam otak dan ingatan. 

Hiks, Kupikir Kau Naksir Aku

Ini juga jadi cerita yang menarik dan memikat. Biasa terjadi di sekitar kita. Ini kisah tentang dua orang sahabat, dua-duanya cewek yang naksir pada cowok yang sama. Kedua sahabat ini suka menebak-nebak perasaan cowok tersebut. Salah seorang dari mereka dengan terang-terangan membahas orang tersebut dan menyatakan dengan gamblang bahwa dia suka, namun satu orang lainnya hanya diam dan memendam perasaannya sambil berharap sang cowok menyukainya. Ending ceritanya sungguh diluar dugaan, sang cowok ternyata menyukai sahabat mereka yang lainnya. 

Cinta Zooplankton

Zooplankton adalah Makhluk hidup pada urutan terbawah pada rantai makanan, yang dimakan ikan-ikan kecil. Nama itu menjadi julukan seorang perempuan yang mau-maunya disakiti berkali-kali oleh seorang playboy yang disebut hiu. Namun pada akhirnya Hiu tersebut dapat ditaklukkan oleh Zooplankton berkat kesabaran dan juga cintanya yang begitu dalam. 

Cintanometer

Berbeda dengan cerita lainnya yang sesuai zaman sekarang, bagian kisah Cintanometer ini bergenre fiksi fantasi. Kisah ini terjadi di kota yang sudah sangat maju dan serba canggih. Akibat dari kesibukan para penduduknya, membuat rasa cinta susah diungkapkan. Dengan teknologi yang dinamai Cintanometer, cinta tidak perlu diungkapkan dengan kata-kata tapi bisa diketahui/dideteksi. Cintanometer adalah alat berbentuk seperti handfree handphone dan bisa jadi pendeteksi cinta. Alat ini akan berkedip-kedip jika berdekatan dengan orang yang mencintai si pemakai. 

Harga Sebuah Pertemuan

Ini tentang cinta yang buta dan benar-benar tidak boleh ditiru oleh siapa saja. Hanya karena mengagumi seorang pria misterius yang hadir di pemakaman ayahnya, seorang wanita rela membunuh anggota keluarga yang lain agar bisa bertemu dengan pria tersebut. Sayangnya, pria tersebut segera menghilang begitu pemakaman usai dan tidak sekalipun datang kecuali saat ada pemakaman. 

Kotak-kotak Kehidupan Andrei

Kisah yang ini benar-benar susah dipahami. Saya sendiri tidak mengerti dengan inti cerita dan juga endingnya. Tapi tetap menarik untuk dibaca. Bagian ini menceritakan tentang seorang anak bernama Andrei yang dilarang membuka suatu kotak pandora oleh ibunya. Sampai akhirnya saat Andrei dewasa dan berkeluarga, Andrei penasaran dan membuka kotak itu. Saat kotak dibuka, hal aneh terjadi. Apa saja hal aneh tersebut? bisa anda baca sendiri karena saya juga bingung dengan keanehannya.

Cerita Lainnya

Disamping cerita dan kisah diatas, masih ada 9 kisah lainnya. Diantaranya : Mimpi-mimpi Laila Majnun, Kutukan Kecantikan Miss X, LOVE Ver 7.0 MARRIED Ver 9.0 (kelanjutan dari Cintanometer), Kupu-kupu Monarch, Joni dan Doni, Kutukan Kecantikan Miss X – part 2, Lily dan Tiga Pria Itu, Pandangan Pertama Zalaiva, dan yang terakhir kisah Antara Kau dan Aku. 

Semua kisah dalam buku ini berhubungan dengan cinta dan segala sesuatu didalamnya. Cinta itu berjuta rasanya, dan tidak habis untuk dibicarakan dan diceritakan. Tidak semuanya berakhir happy ending, ada kalanya harus sakit hati atau berakhir menyedihkan. Beberapa orang mungkin pernah mengalami apa yang dikisahkan di salah satu kisah dalam buku ini. Cinta memang terkadang membingungkan dan menyakitkan, tapi cinta tetaplah membahagiakan bagi setiap orang yang merasakannya.

Di dalam buku ini juga terdapat kutipan-kutipan yang sangat mengena dan bermakna mendalam. Diantara kutipan favorit saya adalah sebagai berikut : 

“Sesorang yang mencintaimu karena fisik, maka suatu hari ia juga akan pergi karena alasan fisik tersebut. Seseorang yang menyukaimu karena materi, maka suatu hari ia juga akan pergi karena materi. Tetapi seseorang yang mencintaimu karena hati, maka ia tidak akan pernah pergi! Karena hati tidak pernah mengajarkan tentang ukuran relatif lebih baik atau lebih buruk” (halaman 26).

Orang-orang yang jatuh cinta terkadang terbelenggu oleh ilusi yang diciptakan oleh hatinya sendiri. Ia tak kuasa lagi membedakan mana yang benar-benar nyata, mana yang hasil kreasi hatinya yang sedang memendam rindu. Kejadian-kejadian kecil, cukup sudah untuk membuatnya senang. Merasa seolah-olah itu kabar baik. Padahal, saat ia tau kalau itu hanya bualan perasaannya, maka saat itulah hatinya akan hancur berkeping-keping. Patah hati!”. (halaman 28)

Yang penasaran dengan buku ini bisa membaca langsung. Kalau tidak punya bisa membeli di toko buku kesayangan atau meminjamnya di perpustakaan/TBM terdekat. Di TBM BINTANG BRILLIANT, juga sudah ada. Yang dekat segera merapat. 

Iklan

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s