Mengintip Kecantikan Bunga Panca Warna

Setiap melihat bunga yang merekah indah, tangan ini langsung cepat-cepat mengabadikannya. Tak peduli dimanapun berada. Meskipun tidak bisa memilikinya, namun punya gambarnya itu sudah jadi kebahagiaan tersendiri. Di depan rumah saya juga ada berbagai jenis bunga salah satunya adalah Bunga Desember. Postingan tentang indahnya berbagai bunga dapat dilihat di akun instagram saya @Muns_fadh.

Pada postingan kali ini, saya ingin membahas tentang keindahan bunga panca warna yang kebetulan tanamannya saya lihat di pekarangan tetangga. Dulu pernah punya bunga jenis ini, namun tidak bisa bertahan lama karena faktor cuaca yang terlalu panas. Kalau punya saya dulu warnanya putih keunguan, kalau yang punya tetangga ini warnanya merah muda merona. Namun nanti masih bisa berubah warnanya.

Bunga Panca Warna

Di Indonesia, bunga yang ini sering disebut dengan nama Bunga Panca Warna. Namun ada pula yang menyebut dengan Bunga Bokor, Bunga Kembang Desa dan lain-lain.
Tampilan Warna bunganya yang sering berubah-ubah menjadi daya tarik tersendiri. Meskipun satu kelopak tidak lengkap berubah 5 warna, namun keindahannya tidak berkurang. Kecantikan tampak memancar.

Nama latin dari Bunga Panca Warna adalah Hydrangea Macrophylla. Konon bunga ini berasal dari kawasan Asia Timur dan saat ini sudah tersebar ke berbagai negara di dunia. Salah satunya adalah Di Indonesia. Di Jepang, bunga ini dinamai dengan nama Bunga Ajisai.

Siapapun pasti setuju bahwasanya Bunga Panca Warna itu sangat cantik dan bikin jatuh hati. Jika melihatnya pasti langsung ingin membeli. Tak terkecuali saya dulu juga begitu. Saat pertama kali melihatnya, langsung beli dan menanamnya dirumah. Namun sangat disayangkan, Bunga ini sering tidak bertahan lama. Beberapa hari setelah dibawa pulang, bunga-bunganya mulai rontok, daunnya layu, dan dalam hitungan beberapa minggu, Panca Warna yang cantik sudah sekarat.

Letak tempat tinggal saya yang di dataran rendah dan mempunyai iklim yang panas, membuat tanaman bunga yang satu ini tidak bertahan lama. Meskipun dulu bunganya saya letakkan di tempat yang teduh, namun tetap tidak bisa menyelamatkan pertumbuhan bunga ini. Saya hanya berharap semoga bunga milik tetangga ini bisa bertahan lama, agar saya juga dapat menikmati keindahannya.

Bunga Panca Warna

Bunga Panca Warna adalah tanaman cantik yang membutuhkan pengertian dan kesabaran dalam merawatnya. Tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah yang lembab dan beriklim dingin. Di Daerah yang beriklim panas, juga dapat berkembang dengan baik jika mendapat pengairan yang cukup dan terhindar dari panas matahari yang terus menerus.

Sebenarnya ada jenis Bunga Panca Warna yang cocok ditanam di daerah panas, namun saya sendiri tidak begitu paham ciri-cirinya. Jenis mophead hydrangea adalah jenis yang cocok untuk hidup di iklim panas dengan tanah yang agak kering. Jenis mophead hydrangea ini relatif lebih mudah tumbuh di Indonesia, dibandingkan jenis lainnya yang membutuhkan perlakuan suhu dingin. Jenis ini memiliki daun yang lebar dengan bunga yang berwarna-warni.

Berhubung saya bukan ahli tanaman, saya sendiri tidak paham bunga yang saya foto ini termasuk Bunga Panca Warna jenis yang mana karena tidak ada pembandingnya. Saya hanya bisa mengagumi kecantikan dari Bunga Panca Warna ini. Bunga ini asli cantik banget, apalagi jika sudah mekar dan berubah warna.

Bunga Cantik

Bunga Panca Warna terdiri dari bunga-bunga kecil yang berkelompok membentuk seperti bulatan besar. Konon Katanya, bunga ini adalah simbol dari sebuah persahabatan. Di acara kawinan, bunga ini juga sering dijumpai, baik sebagai dekorasi ataupun buket bagi mempelai wanita.

Ada yang punya koleksi bunga ini di pekarangan rumahnya??

Sekedar catatan dan pengetahuan, bagi yang mempunyai bunga Panca Warna di pekarangan rumah, sebaiknya tidak menanam bunga ini di dalam pot. Bunga ini akan tumbuh baik di tanah. Tanah tempat mereka hidup juga bisa menentukan warna bunga. Tanah yang bersifat asam akan menghasilkan bunga berwarna biru. Sebaliknya, tanah yang cenderung basa, akan menghasilkan bunga berwarna pink.

Agar tidak layu seperti punya saya, rawatlah bunga ini dengan baik. Jangan lupa menyiramnya setiap hari, karena bunga ini sangat menyukai air. Hindarkan dari panas mata terus menerus karena bunga ini tidak menyukai hawa yang panas dan kering.

Iklan

Satu respons untuk “Mengintip Kecantikan Bunga Panca Warna

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s