Trik Mudah Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Wanita berhijab atau berjilbab sangat rentan terkena masalah rambut, seperti rambut berketombe, rontok, rambut lepek dan gatal-gatal pada kulit kepala. Bahkan bau rambut yang kurang sedap juga seringkali menghampiri mereka yang mengenakan hijab sepanjang hari.

Bagi para wanita yang berhijab, rambutnya memang tidak boleh kelihatan, namun itu bukan berarti harus membiarkan rambut yang dimiliki rusak, bau dan tidak sehat. Jangan juga menjadikan berhijab sebagai alasan untuk tidak menjaga keindahan rambut kita. Sama seperti bagian anggota tubuh yang lainnya, rambut wanita yang berhijab juga memerlukan perawatan dan perhatian ekstra.

Berikut ini adalah beberapa trik Mudah Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab supaya tetap sehat, indah dan tidak berbau.

1. Sisir dulu rambut sebelum mandi
Menyisir rambut sebelum mandi adalah langkah awal yang baik untuk menghindari rambut yang tidak sehat dan rontok. Langkah ini terlihat sepele namun kadang diabaikan. Wanita berhijab biasanya menata rambut dengan model ikat kuda atau sanggulan. Hal ini secara langsung telah meremas rambut dan membuatnya tidak bebas. Dengan menyisir rambut sebelum mandi, bukan cuma untuk mencegah rambut kusut dan menjaga rambut agar tidak lepek, namun juga bermanfaat membantu merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala.

2. Jangan ikat rambut terlalu kuat
Supaya rambut wanita berhijab bisa selalu sehat dan tidak rontok, perlu diperhatikan cara mengikat rambutnya. Saat berhjab, rambut jangan diikat terlalu kuat sampai kaku agar rambut dapat bernafas. Selalu lebih baik menatanya dalam ikat kuda atau cepolan longgar di bawah jilbab untuk menghindari rambut rontok dan mudah patah. Selain itu perlu dilakukan juga penggunaan inner yang longgar untuk membantu rambut lebih mudah bernafas secara lega.

3. Biarkan rambut sepenuhnya kering sebelum memakai jilbab
Hal yang kerap diabaikan oleh wanita berhijab dalam merawat rambutnya adalah tidak memperhatikan langkah awal sebelum mengenakan jilbab. Sebelum menutup rambut, pastikan terlebih dahulu bahwa rambut dalam keadaab kering alami. Kering alami ini artinya tidak mengeringkannya dengan menggunakan hair dyer tapi menunggu keadaan rambut itu kering sendiri. Dengan rambut yang kering tersebut dapat mencegah rambut menjadi berbau yang tak sedap. Rambut basah yang tertutup jilbab juga lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan. ketombe juga lebih mudah menghampiri.

4. Gerai rambut sesekali
Mengenakan jilbab tidak berarti harus selamanya mengekang rambut dalam ikatan dan penutup rambut. Walaupun kesempatannya akan jauh lebih sedikit daripada mereka yang tidak berhijab, jangan lupa untuk sesekali melepas ikatan rambut dan biarkan rambut tergerai bebas saat di rumah atau di kamar. Setelah melepas ikatan rambut, sisir dan pijat-pijat kepala untuk melancarkan sirkulasi darah.

5. Potong rambut
Meskipun tidak ada orang lain yang dapat melihat rambut wanita berhijab, namun perawatannya juga sama. Pastikan untuk memotong rambut secara teratur dan membiarkannya tetap tumbuh dengan sehat. Pemotongan bisa dilakukan setiap 4-6 minggu untuk menyingkirkan ujung-ujung yang kering dan bercabang.

6. Gunakan Produk Perawatan yang benar dan komplit

Mengamati perubahan alam sekitar yang penuh polusi dan radikal bebas yang sangat berbahaya bagi kesehatan, perawatan rambut juga harus maksimal. Rambut tidak cukup hanya diberikan shampo saja, namun perlu juga diberikan conditioner + hair vitamin. Supaya tetap sehat, kuat dan tidak mudah patah, rambut wanita yang berhijab juga perlu dirawat menggunakan produk perawatan rambut yang tepat dan lengkap.

Ada banyak produk perawatan rambut yang tersedia di pasaran, namun yang paling direkomendasikan adalah rangkaian Emeron Complete Hair Care yang terdiri dari Shampo, Conditioner dan Vitamin rambut. Produk-produk dari Emeron terbuat dari bahan-bahan alami yang sudah direkomendasikan oleh para ahli. Sehingga kita bisa melakukan perawatan rambut alami hanya dengan menggunakan Emeron!

Emeron Complete Hair Care memiliki beberapa varian. Diantaranya ada Black Shine, Soft & Smooth, dan Damage Care. Untuk perawatan rambut yang kusut karena sering tertutup jilbab atau karena hal lain, bisa coba Emeron Soft & Smooth. Kandungan active provit amino dan bahan alami Sunflower pada Emeron Soft & Smooth menutrisi rambut mulai dari akar dan membuat rambut menjadi lebih bersinar, halus, dan sehat.

Perawatan rambut kusut dengan Emeron Soft & Smooth terdiri dari 3 tahapan, yakni :

  • Hair Shampoo

Setelah rambut dibasahi, tuangkan shampo Emeron secukupnya, lalu usapkan dari akar sampe ujung rambut. Diamkan beberapa saat lalu bilas. Jika rambut masih terasa kotor dan kurang bersih, bisa diulangi lagi cara tersebut.

  • Hair Conditioner

Setelah pemakaian shampo, rambut perlu diberi conditioner supaya semakin halus, lembut dan berkilau. Caranya, cukup tuangkan hair conditioner lalu usapkan dari bagian tengah rambut sampai bagian bawah rambut. Untuk kulit kepala tidak perlu diusapkan conditioner ini karena conditioner pada dasarnya berfungsi untuk merawat helaian rambut, bukan kulit kepala. Tunggu beberapa menit sampai conditioner meresap ke dalam rambut bilas hingga bersih.

  • Hair Vitamin

Agar perawatan rambut menjadi lebih maksimal, jangan lupa menggunakan hair vitamin sebagai penutup perawatan rambut. Cara penggunaannya juga relatif mudah. Gunting bagian ujung wadah vitamin lalu usapkan secara merata pada rambut. Vitamin tersebut akan meresap sempurna pada rambut dan menutrisi rambut sehingga tidak mudah rusak. Setelah pemakaian vitamin tidak perlu di bilas lagi.

Demikian Trik Mudah Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab yang bisa dibagikan. Semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan dan orang-orang di sekitar anda.

Iklan

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s