Buku Antologi Ke-14, Sains Pustaka dan Semesta

Sains dan Semesta

Judul : Sains Pustaka dan Semesta

Genre : Non Fiksi (Lingkungan Hidup)

Penerbit : Direktorat Pembinaan dan Kesetaraan Ditjen PAUD dan Dikmas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Tebal : 115 halaman

TERBITAN : Oktober 2018

Saat bongkar tumpukan buku dan file, gak sengaja menemukan satu buah buku yang terdapat karyaku di sana. Bukannya tidak menghargai dan menerima dengan senang hati, namun saat saya menerima buku ini ada program besar yang sedang saya kerjakan. Jadi bukunya berada di antara tumpukan file program tersebut. Buku ini menjadi buku Antologi Ke-14 yang saya miliki setelah buku Antologi ke-13 Pencapaian Jokowi.

Antologi Buku Berjudul Sains Pustaka dan Semesta ini adalah buku yang saya tulis di bulan Agustus 2018 dan terbit di Bulan Oktober 2018. Buku ini adalah hasil kalaborasi dari para pegiat literasi dari seluruh Nusantara dalam rangka kegiatan Residensi Literasi bidang Sains yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2018.

Kepenulisan buku antologi ke 14 tersebut melalui proses yang agak panjang. Sebelum terbentuk sebuah buku, para peserta diseleksi terlebih dahulu dengan mengirimkan tulisan tentang literasi. Tulisan tersebut diseleksi dan para peserta yang lolos diundang ke tempat yang dijadikan lokasi residensi. Tulisan saya yang berjudul: Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak-anak berhasil masuk seleksi. Sayapun kemudian diundang ke Sulawesi Selatan tepatnya di TBM Denassa di Gowa.

Bersama dengan para pegiat literasi dari berbagai wilayah Indonesia, saya diajak untuk belajar, mengamati dan menulis tentang praktek literasi sains. Ada banyak ilmu dan pengalaman berharga yang saya dapatkan dari kegiatan ini. Sayangnya Handphone saya pasca dari Sulawesi mengalami kerusakan. Semua foto dan juga draf-draf yang saya bikin saat disana hilang semua. Akhirnya hanya kenangan yang tersisa.

Untungnya ada satu tulisan yang saya tuliskan di laptop. Tulisan itulah yang saya kirimkan sebagai hasil dari residensi Sains dan akhirnya di cetak dalam buku ini. Senang banget nama saya bersanding dengan nama-nama hebat yang sudah berkecimpung di dunia literasi. Ada Kang Opik, Harto Wijaya, Irmawati Martono, Bude Kiswanto, Andrianta, Edi Juharna, Elfi Andiwinata dan Irnawati Lahadi.

Yang ingin tau apa isi dari tulisan saya di buku ini bisa baca di postingan berjudul : Pola Adaptasi Masyarakat Menghadapi Banjir

Proses memiliki buku Sains, Pustaka dan Semesta ini juga mengalami sedikit drama. Seharusnya para penulis bisa mendapatkan bukunya secara gratis. Selain Residensi Sains, Kemendikbud juga mengadakan berbagai residensi lain di tempat yang berbeda. Ada residensi numerisasi, budaya, baca tulis, finansial dan juga kewarganegaraan. Jadi ada banyak buku yang diterbitkan. Satu residensi menghasilkan rata-rata 3 buku.

Para peserta residensi lain bukunya dikirim langsung ke rumah. Satu penulis akan bisa mendapatkan buku-buku lain hasil dari kegiatan residensi dari berbagai tempat selain bukunya sendiri. Namun entah mengapa, para peserta residensi sains tak satupun yang mendapatkan bukunya. Sudah ditanyakan beberapa kali, namun bukunya tidak kunjung datang. Sampai saat ini, buku-buku lain hasil residensi tahun 2018 belum saya dapatkan.

Saya bisa memiliki buku ini berkat Mbk Wiwik Subandiyah dari TBM Alam Riang yang membawakan khusus buat saya saat bertemu di Program Bebas Bagaikan Burung. Meskipun terlambat buat diekspos di blog ini, namun setidaknya tetap bisa menjadi kenangan. Terima kasih banyak pada semua pihak yang terlibat dalam buku ini. Kangen nulis buku antologi lagi.

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s