Maaf, Saya Susah Ingat Nama dan Wajah

Hari Sabtu kemarin menghadiri pertemuan dengan para pegiat literasi di Kabupaten Lamongan. Tempatnya di Perpusda Lamongan. Pertama kali masuk saya langsung menyapa teman yang saya kenal. Kemudian kami mengobrol sebentar. Tak berapa lama ada bapak-bapak berbatik yang menyapa dan bilang kok kayaknya kenal ya….

Saya sih mengiyakannya saja karena tempatnya adalah di perpustakaan yang mana saya sering sekali datang kesana. Selain buat nyari referensi juga mengikuti agenda bidang kepustakaan disana. Kalau berkali kali ketemu mungkin wajar. Tapi jujur saya sendiri tidak tahu siapa orang itu. Wajahnya familiar tapi saya sudah lupa siapa dia. Meskipun masih penasaran, namun tidak lanjut cari tahu.

Lalu berikutnya saya naik ke lantai dua tempat berlangsungnya acara. Tiba-tiba ada yang nyapa lagi, ibu-ibu berkacamata. Katanya pernah ketemu saya tahun 2013 di event pemuda pelopor. Kalo yang ini saya mengiyakan, tapi minta maaf dengan sangat karena saya sudah lupa dengan orangnya. Eventnya sudah sangat lama dan acaranya dulu hanya sehari, memori otak saya sudah gak menyimpannya. Herannya mbak yang menyapa itu kok masih ingat banget dengan saya, memang gak menyebutkan nama tapi dia ingat dengan wajah saya.

Dari sini saya agak sungkan, saya memang sering lupa dengan nama orang. Kadang ingat wajahnya tapi gak ingat namanya, tapi sering juga gak ingat wajah maupun namanya. Kalau sudah begini biasanya nyarinya di foto-foto lama di facebook. Tapi kalau waktu acara gak pakai foto bersama, semua memori jadi terlupakan. Mangkanya saya selalu menyempatkan foto bersama dan menyimpannya di facebook. Disamping untuk update status juga bisa jadi bahan pengingat di masa depan.

Ketika di dalam ruangan, ditengah acara yang berlangsung ada lagi nih yang langsung panggil namaku *mbak Muns*. Refleks menoleh dan otakku kemudian bekerja keras ini siapa ya…..  Karena saya sendiri tidak ingat dia siapa. Kalau sudah menyebut nama seperti ini berarti sudah berkali kali ketemu. Secara namaku kan susah banget dilafalkan. Di berbagai Moment nama panggilanku juga berbeda-beda. Supaya tidak tengsin saya ngajak ngobrol dikit-dikit. Meskipun tidak nyebutin nama dia, tapi sok asyik saja ngobrolnya.

Sambil ngobrol, otakku bekerja keras dengan mengambil berbagai celah tentang siapa dia dan pernah ketemu dimana sebelumnya. Tapi otakku gak bisa diajak kompromi, nyerah gak ingat sama dia. Ternyata setelah salah satu temannya nyebut namanya, baru deh saya ingat kalau pernah beberapa kali interaksi di Kegiatan Kelas Inspirasi Lamongan. Alibiku karena pakai masker jadi gak bisa ngenalin langsung, meskipun dianya tetep nyapa duluan saat saya juga pakai masker. Padahal sebelumnya di WAG saya yang nyapa duluan. Maafin saya yang pelupa…..

Sampai akhir acara, ada banyak sekali interaksi yg terjalin, ada banyak orang baru yang dikenal. Niat awal ingin dekat dengan beberapa peserta, sekedar ngobrol dan bertanya tentang aktivitas sehari-hari, tapi ada banyak hal yang diluar dugaan sehingga gak bisa menyapa serta berkenalan dengan yang lain. Saya juga hanya ingin jadi Peserta biasa yang duduk di belakang dan menyimak, tapi di agenda akhir acara justru diminta naik ke podium depan. Alhasil pasti banyak yang akan mengenal, tapi saya justru yang tidak mengenali karena ada banyak sekali orangnya. Hampir 100 orang

Selepas acara saya jadi berfikir, nanti malau ketemu di jalan atau ketemu di suatu acara, bisa gak saya mengenali mereka seperti mereka mengenali saya kayak 3 orang sebelum ini. Amat sangat merasa bersalah kalau seandainya ketemu lagi, tapi saya seperti orang angkuh yang gak mengenali orang

Duh harus gimana nih biar gak jadi pelupa n bisa nyapa duluan?? Maaf ya… Bukan maksud melupakan tapi karena memori otak saya emang terbatas. Kalau nantinya ketemu saya dan saya tidak menyapa dulu mohon dimaklumi, insyaallah kalau disapa duluan saya pasti ngajakin ngobrol lebih lama.

2 respons untuk ‘Maaf, Saya Susah Ingat Nama dan Wajah

  1. Annisakih berkata:

    wah, ketemu blog mbak Muansya yang lainnya nih.
    Sama lho mbak, saya juga susah banget ngafalin nama dan wajah tapi cepat ngafal jalan dan alamat hehehe. Padahal katanya kalau cewek ga bisa baca peta yaa

    Suka

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s