Mata Tiba-tiba Ada Bercak Merahnya

Suatu pagi ketika bangun tidur, keponakanku sontak berteriak kaget. Itu matanya kenapa? Akupun langsung berkaca dan melihat sendiri. Ternyata ujung mata kiri bagian luar ada bercak kemerahan.

Karena gak ngerasa sakit atau penglihatan kabur, aku sama sekali tidak tahu. Kalau keponakan gak kasih tau pasti merasa biasa saja. Memang kalau dicermati warna kemerahan itu terlihat ngeri sekali.

Pengalaman Bercak merah di mata

Organ mata memang salah satu panca indera yang penting sekali. Kalau sakit atau kenapa-napa pasti bingung dan resah. Gak ada yang mau menjadi buta.

Tanpa perlu berspekulasi lebih jauh. Seperti biasa klo ada yg aneh, tanyanya ke mbah Google. Disana ada banyak jawabannya. Meskipun tidak semuanya benar namun setidaknya bisa memberikan pencerahan bagi orang awam.

Gejala Pendarahan Subkonjungtiva

Berdasarkan penelusuran di berbagai situs kesehatan, ternyata ini adalah gejala umum pada mata. Namanya adalah Perdarahan Subkonjungtiva. Penyebabnya adalah adanya salah satu pembuluh darah di mata yang pecah karena aktivitas yang berlebihan. Menurut beberapa ahli, penyakit ini tidak berbahaya kalau gak ada gejala sakit atau gejala tidak nyaman yang menyertai.

Berhubung saya tidak merasakan apapun pada area mata. Jadi lebih tenang. Saat ada yang melihat mata saya dan bertanya, sayapun santai menjawabnya tidak apa-apa.

Gangguan perdarahan mata atau yang disebut dokter dengan subkonjungtiva adalah suatu kejadian yang menyebabkan pembuluh darah pecah di bagian putih mata. Hal ini menyebabkan timbulnya bercak merah yang terlihat seperti memar pada kulit. Konjungtiva sendiri adalah lapisan tipis yang menutupi bagian dalam kelopak mata dan permukaan mata. Bagian ini mengandung banyak pembuluh darah kecil yang membawa oksigen dan nutrisi ke mata.

Seseorang dapat mengalami pembuluh darah di konjungtiva terbuka dan berdarah. Tapi kasus saya tidak seperti itu. Bercak hanya berkumpul saja tidak sampai keluar. Jadi gak perlu ke dokter atau melakukan perawatan.
Kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu hingga dua minggu setelahnya. Untuk pemulihan umumnya tidak menimbulkan masalah jangka panjang, tetapi menimbulkan gejala mirip memar ringan di bawah kulit.

Memar kulit dapat berubah menjadi berwarna hijau, hitam, dan biru saat sembuh. Perdarahan pada mata terbilang sangat jarang untuk terjadi pada lokasi yang sama di bagian mata yang sama. Tapi Alhamdulillah kurang lebih seminggu, gejala pendarahan pada mata yang aku alami sudah hilang sepenuhnya.

Kemungkinan Penyebab Utama

Seminggu sebelumnya, aku merasa badan kurang nyaman. Kepala terasa pusing dan nyeri. Bawaannya pengen tidur terus. Tapi kemudian di hari minggu pagi, keponakanku meminta untuk ditemani renang.

Berhubung sudah lama gak renang jadi dengan senang hati melakukannya. Mungkin dengan berenang bebas, penyakit pusingnya bisa hilang. Terakhir berenang saat menginap di Capital O Apartemen Surabaya

Ketika di lokasi kolam renang, aku ikut ganti kostum dan menceburkan diri ke kolam. Saat keponakan menyelam, akupun ikutan menyelam walaupun hanya beberapa detik

Mungkin karena faktor usia, Ponakanku yang berumur 14 tahun bisa memasukkan kepala dan seluruh badannya ke dalam air sampai hitungan 15 atau kurang lebih 15 detik. Tapi ketika aku sendiri yang menyelam, hanya kuat sampai hitungan ketiga saja.

Jadi ingat masa lalu, dulu aq pernah menyelam seperti itu saat umur 8 sd 13 tahun di sungai belakang rumah. Dan hampir 25 tahun gak berani melakukannya lagi. Sampai kemarin baru deh ngerasain lagi asyiknya menyelamkan kepala ke dasar air

Walaupun cuma sesaat, aku aku nyaman sekali melakukannya. Sudah lama sekali rasanya tidak melakukan hal tersebut. Jadi aku menyelam sampai beberapa kali dalam kurun waktu 1 jam. Saat menyelam kebanyakan tidak menutup mata karena ingin merasakan sensasinya.

Kemungkinan karena itulah sehingga keesokan harinya mataku jadi ada bercak merahnya.

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s