Membuka Cakrawala Baru Dengan Ikut Kursus Pendidik Hijau

Tanggal 14 hingga 22 Oktober kemarin saya berkesempatan untuk pergi berpetualang ke Pulau Dewata Bali. Persiapan sebelum dan saat kegiatan tersebut membuat saya tidak bisa menulis blog dengan leluasa. Jika biasanya dalam satu bulan bisa mengisi semua blog yang saya punyai, di Bulan Oktober kemarin cuma bisa menulis di satu blog saja. Blog yang ini terabaikan.

Hari ini saya pengen sedikit bercerita tentang kegiatan saya selama di Bali. Ceritanya hanya berfokus pada Kursus Pendidik Hijau atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Green Edukator Course. Untuk cerita lengkap kegiatan tersebut dapat dibaca di blog Munasya.com yang berjudul Petualangan di Bali Hari Ketiga hingga Hari Ketujuh.

image

Kursus Pendidik Hijau adalah sebuah kursus atau pelatihan yang diselenggarakan oleh sebuah sekolah Internasional yang bernama Green School. Sekolah ini berada di Bali, tepatnya di Canggu Kabupaten Badung Bali. Penyelenggaraan kursus biasanya menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar, namun di Bulan Oktober 2017 spesial menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Semua pesertanya juga berasal dari Indonesia.

Saya bersama dengan 2 orang lain yang mengurusi Taman Baca, mendapat undangan khusus dari Green Books untuk mengikuti Green Educator Course di Green School Bali. Green Books sendiri adalah salah satu lembaga donor yang memberikan bantuan buku kepada perpustakaan / taman baca anak-anak. TBM BINTANG BRILLIANT yang saya kelola merupakan salah satu penerima bantuan tersebut. Berhubung saya dianggap sebagai penerima yang paling rajin mengupload kegiatan di media sosial, jadinya saya diberi kesempatan datang ke Bali gratis dan mengikuti Kursus Pendidik Hijau.

image

Kesempatan ke Bali gratis tentunya  tidak bisa dilewatkan begitu saja. Apalagi saya nanti dapat ilmu baru terkait metode pengajaran sekolah Internasional yang kurikulumnya berbasis kelestarian lingkungan. Hal ini menjadi berkah tersendiri. Sedari dulu saya ingin mengikuti pelatihan semacam ini, namun belum pernah mempunyai kesempatan mengikutinya. Hasil pembelajaran nantinya akan saya praktekkan langsung pada anak-anak dampingan di TBM Bintang Brilliant.

Kegiatan pembelajaran yang saya lakukan terhadap anak-anak selama ini hanya saya dapat dari literatur yang saya baca, belum pernah melihat prakteknya secara langsung. Dengan mengikuti Green Educator Course di Green School Bali tentunya bisa meningkatkan skill, pengetahuan, dan pemahaman baru terhadap metode pengajaran dan juga kegiatan berbasis lingkungan.

image

Hasil yang didapat pasca mengikuti Green Edukator Course benar-benar di luar dugaan. Bukan hanya skill, pengetahuan dan pemahaman baru yang bisa saya dapatkan, namun saat disana banyak ide-ide baru, teman-teman baru dan juga pengalaman baru yang luar biasa saya dapatkan. Kursus Pendidik Hijau membuat cakrawala pemikiran makin terbuka.

Kursus/pelatihan yang dilakukan memang sangat berbeda dengan kursus pelatihan kebanyakan. Disini lebih menekankan pada praktek langsung daripada teori. Diskusi, tanya jawab juga lebih intens dilakukan. Ditambah dengan praktek langsung di lokasi membuat pemahaman dan pengetahuan lebih muda terserap ke otak.

Berbagai hal yang saya dapatkan di Green Edukator Course (Kursus Pendidik Hijau) nantinya akan saya coba tularkan kepada anak-anak dampingannya di desa.  Saya akan berusaha membantu anak-anak agar mereka bisa lebih banyak belajar dan berkreasi untuk kehidupan yang berkelanjutan. Semangat anak-anak untuk terus berkarya dan memberi kontribusi positif bagi lingkungan sekitar juga akan terus ditumbuhkan. Doakan semoga bisa konsisten.

Iklan

2 respons untuk ‘Membuka Cakrawala Baru Dengan Ikut Kursus Pendidik Hijau

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s