Buku Antologi ke-13, 3 Tahun Pencapaian Jokowi

Judul : 3 Tahun Pencapaian Jokowi, Kinerja Presiden Dalam Catatan Warga
Genre : Umum
Penerbit : Seknas Jokowi dan Seword
Tebal : 476 HALAMAN
ISBN : 978-602-50516-0-9
TERBITAN : OKTOBER 2017

Buku 3 tahun Jokowi

Kesibukan menulis di blog membuat saya tidak sempat lagi untuk mengikuti penulisan buku Antologi. Sudah hampir setahun ini sudah tidak pernah lagi menghasilkan karya berupa Buku Antologi. Padahal tahun-tahun sebelumnya sangat produktif. Mau gimana lagi, menulis di blog sudah menjadi keasyikan tersendiri. Apalagi jika hasil tulisannya dibayar.

Saat Buku ini datang saya sangat terkejut. Gak nyanga kalau nama saya masuk lagi dalam sebuah buku. Kehadiran buku ini menjadi sebuah prestasi tersendiri di tahun 2017 yang lalu. Buku berjudul 3 Tahun Pencapaian Jokowi, Kinerja Presiden Dalam Catatan Warga menjadi Buku Antologi saya yang ke-13.

Baca : Buku Antologi ke 12 : Bangku Sekolah

Awal mula keikutsertaan saya di sini berawal dari pesan WA dari pejabat pemerintah Desa yang menginformasikan adanya perhelatan lomba menulis “Pencapaian Jokowi” yang digelar oleh Seword media dan Seknas Jokowi. Hadiahnya lumayan wah…. Dengan jumlah pemenang yang sangat banyak. Dalam lomba ini ada 72 pemenang yang masing masing dapat Rp. 1 juta.

Karena waktunya deadline masih lama, saya abaikan pesan tersebut dan fokus ke pekerjaan nulis lainnya. Lagipula idenya juga gak ada. Dalam benak saya itu adanya hanya ketimpangan dan kinerja negatif pemerintahan Jokowi yang salah satunya adalah dampak kenaikan Tarif Dasar Listrik dan juga BBM. Saya belum nemu, prestasi dan pencapaian positif yang sudah saya rasakan secara pribadi.

Setelah buka-buka chat lama, Pada H-1 batas akhir lomba, saya baru baru baca lagi pesannya. Di detik detik akhir tersebut, baru terbersit sebuah ide yang mengangkat tentang keberhasilan pemerintahan Jokowi dalam dana Desa.

Berhubung waktunya mepet, saya tidak sempat lagi nyari literatur-literatur tentang Dana Desa. Saya fokusnya menulis dengan gaya bercerita ala saya tentang manfaat Dana Desa yang saya rasakan. Sumber datanya saya ambil dari lomba penulisan sebelumnya tentang Dana Desa yang sudah pernah saya tulis di blog lain. Judulnya Upaya Menghidupkan Desa Dengan Dana Desa.

Hampir tengah malam menjelang penutupan, saya baru menyelesaikan penulisan artikel tersebut. Setelah selesai ditulis, langsung dikirim saat itu juga. Untuk foto-foto pendukungnya saya ambil dari dokumen pribadi. Saya tahu hal seperti ini tidak baik, harusnya diendapkan dulu, trus dibaca dan diedit lagi biar lebih bagus. Tapi berhubung waktunya mepet jadinya gak bisa ditunda lagi.

Alhamdulillah… Dengan segala keterbatasan waktu dan juga pengalaman saya yang amat terbatas, saya bisa jadi salah satu pemenang. Diantara 700 penulis yang ikut berpartisipasi, nama saya termasuk dalam 72 nama yang lolos dan jadi pemenang. Pengumuman pemenang dilakukan pada tanggal 15 Agustus 2017 di Hotel Aston, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Sertifikat Seword

Berdasarkan informasi dari panitia yang sudah disampaikan sebelumnya, para pemenang diundang ke Jakarta untuk menghadiri secara langsung pengumuman dan penyerahan hadiah. Berhubung tidak ada tunjangan biaya transportasi dan akomodasi, saya tidak ikut ke Jakarta buat penyerahan hadiah. Saya cuma pantau dari rumah. Meskipun begitu, sertifikat pemenang tetap dikirim ke rumah dan hadiah uang juga terkirim ke rekening. Bonus buku ini juga.

Hasil tulisan saya yang berjudul Berkat Dana Desa, Desaku Lebih Berwarna sudah diposting di web seword dan juga masuk dalam buku Antologi ini. Didalamnya berisi tentang manfaat Dana Desa yabg sudah saya rasakan di Desa yang saya tinggali ini. Ada juga sedikit cuplikan wawancara dengan Kepala Desa Pucangro yang saya tulis disana. Jika ada yang penasaran dan ingin membacanya, silahkan klik tulisan warna biru diatas atau baca langsung di bukunya halaman 149.

Munasyaroh Fadhilah

Di dalam buku ini juga terdapat 71 tulisan lain yang membahas tentang kinerja positif dari Jokowi selama 3 tahun. Tulisan-tulisan tersebut mengacu pada kinerja pemerintahan Jokowi-JK dalam potret tiga tahun kepemimpinannya berdasarkan pendapat para penulisnya.

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut : Mencapai masyarakat berdaya dan sejahtera dengan pariwisata (ALI MUTASOWIFIN), Terima kasih jokowi, 18 tahun riau langganan kabut asap, kini sudah tidak lagi (PALTI HUTABARAT), Generasi Jokowi (DAENG), Pancasila dan revolusi mental: indonesia kembali menjadi macan asia (R JUWITA), Prestasi jokowi dalam mewujudkan nawa cita (N S YULIANTO), Kartu sakti jokowi, potensi pembangunan negeri (WAHYUNI), Memahat indonesia dengan cinta (HANNY KARDINATA) dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kekurangan dari buku Antologi ke 13 saya ini adalah tidak adanya nama-nama penulis baik di sampul buku depan maupun belakang. Nama penulis hanya ada di masing-masing artikelnya sehingga tidak begitu tampak. Begitu juga dengan biodata masing-masing penulis, didalam buku ini tidak ada sama sekali.

Iklan

3 respons untuk ‘Buku Antologi ke-13, 3 Tahun Pencapaian Jokowi

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s