BERWISATA DI BUKIT KAPUR AROSBAYA BANGKALAN

Kebersamaan #AlongPolong Blogger Plat-M, Netizen Jatim dan Kepolisian Jawa Timur masih belum berakhir, perjalanan dilanjutkan ke tempat wisata Bukit Kapur yang ada di Arosbaya Bangkalan Madura.
Baca pos sebelumnya :
1. Along Polong Netizen Jawa Timur bersama Kapolda
2. Kopdar Bersama Kapolda

image

Bukit Kapur ini biasa disebut Bukit Pelalangan dan terletak di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan Madura. Warga sekitar menyebut daerah itu dengan “Bèdel”.
image

Untuk menuju ke area ini, dari Jembatan Suramadu menuju Bangkalan ikuti petunjuk arah jalan ke pesarean Aermata di Kecamatan Arosbaya. Penduduk Bangkalan pasti sudah tau lokasi ini, sehingga kita bisa bertanya pada mereka. Pesarean Aermata adalah makam raja-raja Madura jaman dahulu yang hingga sekarang masih dikeramatkan dan di hormati.

Rombongan kami memakai bis kecil sehingga tidak bisa langsung menuju lokasi. Kendaraan diparkir di areal parkir Pesarean Aermata dan kami jalan kaki menuju lokasi. Jika memakai motor atau kendaraan kecil masih bisa langsung ke lokasi tanpa harus parkir di depan pesarean Aermata.

Disebelah kanan parkiran pesarean Aermata, ada jalan kecil, bisa dibilang bukan jalan umum tapi jalan kampung atau gang. Besarnya hanya cukup untuk 1 buah mobil kecil saja. Kami masuk ke jalan itu dan mengikuti jalanan yang terkadang naik dan terkadang turun. Di kanan kiri jalan banyak rumah penduduk yang berjajar. Jaraknya mungkin hanya sekitar 400an meter dari gerbang pesarean Aermata, hanya tanjakan dan turunan di sepanjang jalan tersebut membuat sedikit capek. Berhubung kami berombongan sehingga tidak begitu berasa.

Menurut sumber-sumber di sosial media, disana banyak pungutan pungutan liar yang dikenakan pada pengunjung, namun rombongan kamu bebas dari pungutan-pungutan tsb. Mungkin karena kami rombongan dari Polda dan banyak netizen yang asli Madura sehingga mereka segan dan tidak menarik pungutan apapun.

Saat melihat Obyek Wisata Alam Batu Kapur ini , banyak orang akan terpesona. Tempat ini sangat keren. Menurut penduduk di lokasi, sebenarnya tempat ini tidak sengaja dibuat oleh masyarakat sekitar. Bukit ini adalah sebuah bukit kapur yang tiap harinya ditambang oleh masyarakat sekitar untuk digunakan sebagai batu kumbung/batu fondasi. Aktifitas ini berlangsung berpuluh puluh tahun dan tanpa disadari oleh mereka bekas penambangan batu tersebut meninggalkan jejak yang unik dan langka. Jejak penambangan tersebut meninggalkan corak seni pahatan-pahatan yang cukup indah dan membuat pengunjung yang baru pertama kali datang terpukau dengan pemandangannya.

Masyarakat sekitar mungkin tidak menyadari bahwa apa yang mereka lakukan selama ini, secara tidak langsung menciptakan obyek wisata alam yang cukup bagus dan unik. Mungkin karena sudah terbiasa berada disitu atau seringkali melihat pahatan tersebut akhirnya tidak terlalu memperhatikan dan menganggap biasa saja. Tapi bagi pelancong seperti kami, pemandangannya sungguh luar biasa.

image

Saat melihat-lihat didalam lokasi Bukit Kapur, dinding batu tampak berkilau kemerahan dengan pahatan-pahatan yang tampak sangat bagus. Kita seakan-akan memasuki lorong-lorong istana Romawi atau perkampungan peradaban jaman sebelum Masehi. Pada saat kami datang, pengunjung tidak terlalu banyak, hanya ada beberapa kelompok ibu-ibu saja yang berpiknik ria. Mereka tidak sampai masuk ke lorong bagian dalam seperti kami. Rombongan kami menjelajah sampai ke bagian-bagian terdalam dan tidak lupa mengabadikan setiap sudutnya.
Bukit Kapur Arosbaya ini masih aktif digali, tampak beberapa kelompok pekerja sedang memotong batu-batu yang ada. Ada juga ibu-ibu yang ikut menambang/menggali batu kapur.

image

Saat matahari sudah beranjak naik, hawa mulai panas dan rombongan kami memutuskan untuk pulang. Kami sudah puas berkeliling dan berfoto-foto. Ada juga yang bikin video sebagai kenang-kenangan.
Perjalanan dari bukit kapur menuju parkiran masih kami lalui dengan jalan kaki dan melewati jalanan yang sama. Meskipun capek dan lelah namun semuanya sumringah.

Selanjutnya rombongan bersiap-siap kembali ke Surabaya dan pulang ke rumah masing-masing.

Satu respons untuk “BERWISATA DI BUKIT KAPUR AROSBAYA BANGKALAN

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s