Resensi Ebook : Laris Manis Bisnis Wisata Halal

Buku Laris Manus Wisata Halal

Judul : Laris Manis Bisnis Wisata Halal 

Penulis : Cheriatna

Tahun Penulisan : 2016

Tebal Buku : 80 Halaman

Penerbit : indie (Self Publishing) 

Pendahuluan

 
Jika biasanya saya membahas dan meresensi buku-buku yang bisa dipegang dan disentuh secara fisik, kali ini saya akan meresensi sebuah karya tulis yang berbentuk ebook.

Ebook sendiri adalah sebuah buku elektronik yang dapat dibaca melalui perangkat elektronik seperti gadget dan laptop. Layaknya sebuah buku, ebook ini juga sama memiliki sampul di bagian depan, daftar isi, halaman-halaman yang dapat dibolak balik dan lain sebagainya. Format Ebook sendiri juga bermacam-macam ada yang berformat doc, pdf, txt dan lain-lain.

Ebook yang berjudul Laris Manis Bisnis Wisata Halal ini berformat pdf dan saya dapatkan secara gratis dari penulisnya. Resensi Ebook ini saya lakukan sebagai salah satu upaya untuk tetap mengkampanyekan gerakan gemar membaca dan juga mendukung wisata halal untuk masyarakat Indonesia. Disamping itu juga dalam rangka mengikuti lomba menulis resensi ebook yang diadakan oleh penulisnya. 

Ebook ini adalah karya Bapak Cheriatna yang sukses mendirikan dan mengelola bisnis tour dan travel di Indonesia bernama Cheria Travel. Apa yang ditulis disini adalah hasil pengamatan dan pengalaman nyata dari penulisnya, bukan hanya sekedar asumsi pribadi atau mencari bahan tulisan orang lain.

Sinopsis

Ebook ini menceritakan secara detail mengenai bisnis wisata halal, bagaimana prospek dan hambatannya serta tempat-tempat mana yang bisa dijadikan tujuan wisata halal bagi wisatawan muslim. 

Di salah satu bagian ebook yang berjudul Umroh Vs Wisata Halal, Penulis memberikan gambaran yang jelas dan gamblang mengenai potensi pariwisata halal yang semakin dicari orang saat ini. Pada tahun 2014 ada sekitar 116 juta umat muslim yang melakukan perjalanan wisata, jumlah ini diperkirakan terus naik dari waktu ke waktu. Oleh karenanya wisata halal menjadi sebuah pilihan yang menggiurkan dalam dunia bisnis pariwisata saat ini. 

Wisata Halal Indonesia

Wisata Halal tidak hanya booming dan membumi di dalam negeri, namun tour wisata halal juga banyak ditawarkan di Luar Negeri. Disamping negara yang mayoritas beragama Islam seperti Turki,  Mesir dan Arab Saudi, ternyata negara yang mayoritas Non-Muslim seperti Amerika, Jepang dan China sekarang ini sudah menyediakan tempat-tempat wisata berkuliner halal dan tempat ibadahnya terjamin sehingga layak untuk dikunjungi oleh wisatawan muslim. 

Ebook ini dapat menjawab keraguan sekaligus keinginan masyarakat yang ingin menemukan wisata-wisata halal di luar negeri non muslim tanpa melanggar aturan syariat islam. Wisata halal di negara non muslim dikupas habis di bagian Geliat Bisnis Wisata Halal di Luar Negeri

Ebook ini memaparkan banyak hal mengenai tempat-tempat wisata halal yang sedang ngetren saat ini. Didalamnya juga dibahas mengenai tips-tips praktis memulai bisnis wisata halal yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Motivasi-motivasi positif yang membangun juga disajikan penulis dalam ebooknya ini. Ebook ini sangat direvensikan dibaca oleh siapa saja yang berminat dalam bidang pariwisata, baik yang ingin membangun bisnis pariwisata maupun mereka yang sedang mencari tempat wisata halal di dalam dan di luar negeri.  

Kelebihan

Ebook ini adalah buku bisnis yang dapat dijadikan rujukan bagi para pelaku pariwisata halal. Didalamnya terdapat grafik-grafik data pendukung yang akurat mengenai dunia pariwisata (tour and travel) khususnya mengenai trend wisata halal. 

Tampilan visual grafiknya sangat menarik dan tidak membosankan. Materi tulisan berdasar pengalaman nyata penulisnya sehingga tidak dangkal dan dapat dipertanggung jawabkan. Disamping itu, ebook ini juga mengkombinasikan isinya dengan tampilan gambar/foto yang memikat. Berbagai sudut tempat wisata halal ditampilkan dalam ebook ini. Kualitas gambarnya juga sangat cerah dan bagus. Gambar-gambar ini langsung didapat dari tempat aslinya tanpa jiplakan dari manapun sehingga pembaca seakan-akan dibawa langsung ke tempat-tempat yang ada di gambar tersebut. 

Wisata halal Jepang

Salah satu gambar yang menampilkan pemandangan alam di Jepang

Kekurangan

Dibalik isi, gambar dan tampilannya yang memikat, menurut saya ebook ini juga mempunyai beberapa kekurangan. Semoga kedepan ebook ini ada perubahan dan perbaikan ke arah yang lebih baik.  

Pertama, di dalam penulisan banyak typo yang bertebaran. Di Halaman 7 misalnya, ada banyak kalimat rancu yang susah dipahami dan tidak sesuai dengan EYD. Seperti kalimat “Usia muda selalu identik dengan petualangan bukan? Suka menjelajah dan keingintahuan yang tinggi bisa meningkatkan minat traveling yang nantinya juga akan berpengaruh positif pada bisnis wisata halal”.

Kalimat ini begitu membingungkan dan susah dimengerti oleh saya. Ada kalimat tanya di tengah kalimat yang rancu disana. 

Lalu kalimat selanjutnya yang berbunyi “apa kabar dengan wisatawan asing yang datang ke Indonesia” terdapat typo. Harusnya ada tanda tanya (?) di akhir kalimat itu, karena ada kata apa yang merupakan kata tanya. Kalimat aslinya bisa dilihat dalam gambar. 

Ebook Wisata Halal

Isi Halaman 7

Di halaman lainnya saya juga banyak menemukan typo, namun tidak akan diulas satu-satu karena tidak mempengaruhi isi didalamnya.  

Kekurangan kedua, penjelasan-penjelasan di dalam ebooknya sangat sederhana dan menurut saya masih kurang rinci. Gambar dan grafiknya terlalu mendominasi, sedangkan kalimat atau kata-katanya kurang banyak. Meskipun itu hanya testimoni harusnya bisa dijelaskan dalam bentuk kata-kata. 

Ebook ini saya selesaikan hanya kurang lebih setengah jam saja, terlalu cepat bagi saya yang haus akan informasi dan pengetahuan baru. Mungkin bagi orang yang tidak suka membaca, ebook ini cocok mereka. Semoga kedepan lebih banyak lagi informasi yang diberikan dan kalimat-kalimatnya diperbaiki dengan lebih terperinci. 

Penutup

Terlepas dari sinopsis isi, kelebihan dan kekurangannya, ebook ini merupakan sebuah ide dan terobosan baru di dunia pariwisata Indonesia. Banyak motivasi dan inspirasi yang didapat dari ebook ini. Jika anda berminat, anda dapat mendownload langsung di sini.  

Iklan

4 respons untuk ‘Resensi Ebook : Laris Manis Bisnis Wisata Halal

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s